Bandarlampung (ANTARA) - Kunjungan Dubes RI untuk Rusia merangkap Belarus Jose Antonio Morato Tavarez bersama tim ke Republik Dagestan (RD) disambut dengan tarian khas Lezginka dari wilayah Kaukasus saat jamuan makan malam.

Siaran pers diterima ANTARA di Bandarlampung, Sabtu, menyebutkan Dubes RI Jose Tavares dan tim berkunjung ke RD pada 5 hingga 8 Mei memenuhi undangan Russian Association for International Cooperation (RAIC) guna perluasan kerja sama di berbagai bidang dengan Republik Dagestan, subjek federal pakling selatan Rusia di tepian Laut Kaspia berjarak 1800 km dari Moskow.

Saat mendarat di Bandara Mahackala, Dubes Jose Tavares disambut hangat di tangga pesawat oleh Wakil Perdana Menteri RD Rivzan Karimovich Gazimagomedovich, Menteri Pembangunan Perekonomian Gadzhi Ruslanovich Sultanov, Menteri Kebudayaan Zarema Azhuevna Butaeva, dan Wakil Kemlu Rusia di RD Marat Osmanov.

Tarian tersebut diperagakan para penari secara cepat, sigap, dan lincah

Baca juga: Alunan gamelan menggema di Eurasian Music Festival 2023 Kota Moskow

Selama di Dagestan, Dubes RI mengunjungi pabrik minuman di Kota Izberbash, situs sejarah Warisan Budaya Unesco Benteng Narynkala dan masjid tertua di Rusia, Masjid Juma, di Kota Derbent, pertemuan dengan Perdana Menteri RD, Ketua Kadinda RD, dan Rektor Dagestan State University.

Selain itu, sebagai hal terpenting, Dubes Jose Tavares membuka pameran “Two Countries-Loyalty to Traditions” di Museum Nasional RD, yang memajang keris, topeng, gong, dan berbagai koleksi kain tenun dari berbagai daerah Indonesia selama dua minggu.

Pada jamuan makan malam di hari pertama kunjungan, Dubes RI Jose Tavares dan Wakil PM Dagestan saling bertukar sulang dan harapan bagi suksesnya kunjungan. Suasana akrab juga semakin terasa berkat penampilan penari Lezginka yang energik dan juga lagu-lagu rakyat Dagetan yang dimainkan tim kesenian setempat.

Dalam jamuan tersebut, tim seni KBRI juga menampilkan tarian Cendrawasih oleh Kirana Nusantara Dance dan permainan apik Rebab Jawa oleh Gamelan Dadali, yang keduanya merupakan grup seni budaya binaan KBRI Moskow.

Baca juga: KBRI Moskow dan ASEAN Center gelar "Day of Indonesia in MGIMO"
Baca juga: Azan langgam Jawa menggema pada Tenda Ramadhan di Moskow
Baca juga: KBRI Moskow gelar wayang kulit lakon "Sang Tetuka"

 

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024