Madinah (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara menyampaikan ada empat pintu yang disiapkan untuk menyambut kedatangan jamaah calon haji Indonesia di Bandara internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah.

"Ada empat gate (pintu) kedatangan yang akan digunakan jamaah haji Indonesia," ujar Kepala Daker Bandara Abdillah di Madinah, Sabtu.

Abdillah merinci pintu pertama yakni Gate Fast Track. Di pintu ini, jamaah tidak lagi melalui proses imigrasi karena sudah dilakukan di embarkasi Tanah Air. Sehingga proses kedatangan jauh lebih singkat, diperkirakan hanya berkisar 30 menit.

Layanan Fast Track pada tahun ini diberlakukan bagi jamaah dari tiga embarkasi, yaitu Embarkasi Surabaya (SUB), Solo (SOC), dan Jakarta (JKG dan JKS).

Kedua, kata dia, Gate Internasional. Jamaah calon haji yang melalui jalur ini akan melewati pemeriksaan imigrasi, barang bawaan dari kabin, lalu masuk area terminal kedatangan, dan keluar langsung menuju ke terminal bus.

Kemudian, kata Abdillah, ketiga, Gate Internasional khusus haji. Tahapan yang dilalui jamaah adalah pemeriksaan imigrasi, pemeriksaan barang bawaan dari kabin, lalu jemaah haji akan keluar di pintu terminal kedatangan menuju ke paviliun bandara.

"Di tempat ini, jamaah haji bisa istirahat sejenak sebelum keluar menuju terminal bus yang berada tepat di pintu keluar Paviliun Bandara AMAA Madinah," kata dia.

Pintu keempat, kata dia, Gate Zero. Lokasinya di lantai ground/dasar. Jamaah calon haji keluar dari pesawat tetap melalui bagian imigrasi, pemeriksaan barang kabin, dan langsung keluar ke terminal bus area ground.

Abdillah mengatakan Posko PPIH Daker Bandara AMAA Madinah berada di sekitar Gate Internasional khusus haji, yang merupakan tempat sekaligus menjadi basecamp petugas haji Indonesia selama proses kedatangan jemaah gelombang pertama dan kepulangan jamaah haji gelombang kedua.

"Untuk Kedatangan Kloter Pertama yang berasal dari Embarkasi JKG 01 rencananya akan mendarat pada pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan jumlah 393 jamaah haji akan melalui pintu Fast Track," kata Abdillah

Abdillah juga memastikan seluruh petugas Daker Bandara siap menyambut dan memberikan layanan terbaik kepada jamaah Indonesia. Dia berharap, penyelenggaraan Ibadah haji tahun ini bisa berlangsung lebih baik dan lebih lancar.

Di sisi lain, jamaah calon haji Indonesia sudah mulai diberangkatkan ke Tanah Suci. Prosesi pelepasan dilakukan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta jajaran dari Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia.

Baca juga: Kemenag: Jamaah calon haji Indonesia didominasi lansia mandiri
Baca juga: Bandara AP II layani keberangkatan calon jamaah haji mulai 12 Mei

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024