Madinah (ANTARA) - Jamaah calon haji Indonesia kelompok terbang (Kloter) pertama dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) dijadwalkan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah melalui jalur Fast Track (jalur cepat).

"Untuk kloter yang pertama, sejumlah 393 jamaah haji, yang akan mendarat besok, yaitu JKG 01. Insya Allah kami sudah siap menerima kedatangan JKG 01 dan akan keluar melalui pintu fast track," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Abdillah di Madinah, Sabtu.

Menurutnya, pintu Fast Track ini akan digunakan untuk menyambut kedatangan jamaah calon haji Indonesia yang terbang dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Sumarno Solo.

Baca juga: Bandara AP II layani keberangkatan calon jamaah haji mulai 12 Mei

Abdillah mengatakan jajarannya telah melakukan deteksi dini untuk mengoptimalkan layanan ramah lansia pada saat kedatangan jamaah.

"Untuk penanganan Lansia, kami sudah mulai sejak dini. Mulai dari penjadwalan, dengan memasukkan jumlah lansia pada setiap kloternya," katanya.
 
Petugas menyambut jamaah haji kloter pertama JKG 01 setibanya di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi, Rabu (24/5/2023). (ANTARA FOTO/HO/Media Center Haji 2023/wpa/foc.)

Baca juga: Hal-hal yang mesti disiapkan penderita diabetes sebelum berangkat haji

Dengan demikian, para petugas yang melayani jamaah melalui pintu-pintu keluar di bandara, sudah tahu jumlah Lansia dalam setiap kloter.

"Ini merupakan deteksi dini kami untuk keberadaan lansia di setiap kloternya. Dan tentunya kami juga sudah menyiapkan alat-alat dukung untuk melayani Lansia tersebut. Di antaranya adalah kursi roda yang telah standby pada setiap pintu keluar jamaah haji," kata dia.

Jamaah haji kloter JKG 01 dijadwalkan akan mendarat pada 12 Mei 2024 pukul 07.00 pagi di Bandara Madinah. Dari total 393 orang, ada 79 orang di antaranya yang masuk kategori Lansia.

Baca juga: Empat pintu kedatangan disiapkan untuk jamaah di Bandara AMAA Madinah
Baca juga: Jamaah diminta selalu gunakan alas kaki cegah kaki melepuh

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024