Jakarta (ANTARA) - Mainz keluar dari zona degradasi setelah menggulung Borussia Dortmund 3-0 pada pekan ke-33 Liga Jerman di Stadion MEWA Arena, Mainz, Minggu dini hari WIB.

Hasil ini membuat Mainz kini menempati peringkat ke-15 klasemen sementara Liga Jerman dengan torehan 32 poin dari 33 pertandingan, berjarak dua poin dari zona degradasi, demikian catatan Bundesliga.

Sementara itu, Borrusia Dortmund masih berada di peringkat kelima klasemen sementara dengan 60 poin dari 33 laga, serta dipastikan menyegel tiket Liga Champions musim depan.
 
Pada pertandingan ini, kemenangan Mainz hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Leandro Martins dan Lee Jae-sung (2) pada babak pertama.

Secara statistik Borussia Dortmund unggul penguasaan bola dengan 65 persen, akan tetapi Mainz yang lebih sering menciptakan peluang setelah mencatatkan total 14 tendangan yang lika di antaranya tepat sasaran.
 
Dortmund mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan menciptakan peluang lewat tendangan Marco Reus yang masih dapat diamankan kiper Mainz Robin Zentner.
 
Mainz berbalik memberikan ancaman melalui tendangan bebas yang dilepaskan Nadiem Amiri yang tendangannya masih membentur mistar gawang.
 
Selanjutnya Mainz kembali menciptakan peluang lewat sundulan Silvan Widmer setelah menerima umpan Anthony Caci, namun bola masih membentur tiang gawang Dortmund.
 
Mainz akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 12 setelah tendangan Leandro Martins dapat membobol gawang Dortmund sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Tim tuan rumah dapat menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit 19 lewat gol Lee Jae-sung yang memanfaatkan kesalahan kiper Dortmund Alexander Meyer.

Hanya berselang empat menit, Mainz dapat menambah keunggulan mereka menjadi 3-0 kembali melalui gol Jae-sung yang memanfaatkan umpan Leandro Martins.
 
Unggul tiga gol, Mainz tidak serta merta menerapkan permainan bertahan dan tetap berupaya mengimbangi gelombang serangan Dortmund, namun hingga turun minum skor 3-0 tetap bertahan.
 
Memasuki babak kedua, Mainz yang lebih dulu menciptakan peluang lewat tendangan Jonathan Burkardt, namun dapat diamankan oleh Meyer.

Selanjutnya Dortmund dapat membobol gawang Mainz melalui gol Youssoufa Moukoko, namun dibatalkan oleh VAR karena offside.
 
Selanjutnya Dortmund terus berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya, namun Mainz sesekali tetap melancarkan, akan tetapi hingga peluit panjang dibunyikan skor 3-0 tetap bertahan.
 
Pada pekan ke-34 Liga Jerman, dijadwalkan Mainz akan bertandang ke markas Wolfsburg, Sabtu (18/5), sedangkan Borussia Dortmund menjamu Darmstadt, di hari yang sama.

Baca juga: Union Berlin terlempar ke zona merah, RB Leipzig ditahan imbang Bremen

Baca juga: Tuchel isyaratkan kembali ke Liga Inggris usai cabut dari Bayern

Baca juga: Xabi Alonso ungkap dua kunci kesuksesan Leverkusen musim ini

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024