Boyolali (ANTARA) - Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki telah melepas keberangkatan jamaah calon haji kloter pertama asal Kabupaten Temanggung ke tanah suci, di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan (AHD) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu pagi.

Pada acara pelepasan jamaah calon haji kloter pertama asal Temanggung sebanyak 360 jamaah tersebut dilepas oleh Wamenag yang didampingi PJ Gubernur Jateng, Nana Sudjana, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Musta'in Ahmad, dan sejumlah pejabat lain.

Ketua PPIH Embarkasi Solo H Musta'in Ahmad mengatakan kesiapan Embarkasi Solo terutama pemberangkatan jamaah haji kloter pertama dari Kabupaten Temanggung yang akan diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, pada pukul 12.00 WIB.

PPIH Embarkasi Solo pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, akan melayani sebanyak 35.388 jamaah asal Jateng 32.059 dan 3.329 jamaah asal D.I. Yogyakarta yang akan diberangkatkan ke tanah suci terbagi menjadi 100 kloter.

"Jadi jamaah haji kloter pertama dari Kabupaten Temanggung dan kloter ke-100 dari Wonogiri yang akan diberangkatkan ke tanah suci, pada tanggal 10 Juni 2024," kata Musta'in.

Dia mengatakan para jamaah haji dari Embarkasi Solo mendapatkan fasilitas Fast Track atau Makkah Route yakni pemeriksaan keimigrasian Arab Saudi dilaksanakan di Bandara Adi Soemarmo Boyolali.

Dengan demikian, jemaah haji begitu mendarat di Madinah atau di Jedah Arab Saudi tidak lagi memerlukan pemeriksaan Imigrasi di Arab Saudi. Sehingga, para jemaah setelah mendarat langsung menuju ke hotel-hotel masing-masing.

Baca juga: Acara pelepasan JCH Embarkasi Batam dilaksanakan tiga kali

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan pihaknya sebagai Pj Gubernur Jateng mengucapkan selamat melaksanakan ibadah haji kepada para jamaah yang berangkat melaksanakan rukun Islam yang kelima setelah menunggu antrean cukup lama yakni mendaftarkan 11 tahun yang lalu dan sekarang bisa berangkat melaksanakan ibadah haji.

Pesan Gubernur agar para jamaah menyiapkan fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji. Para jamaah sudah siap semua untuk melaksanakan ibadah haji dan masalah cuaca tidak usah banyak dipikirkan dan yang terpenting sebagai hamba Allah. Para jamaah bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dengan menjaga kesehatannya.

Sehingga, para jamaah haji menjalankan ibadah haji hingga pulang sampai ke tanah air dengan kondisi sehat, aman, dan baik," katanya.

Sementara itu, rombongan jamaah calon haji kloter pertama asal Temanggung berangkat meninggalkan Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan menuju Bandara Adi Soemarmo, sekitar pukul 08.20 WIB. Jamaah kloter pertama ini, dijadwalkan berangkat menuju tanah suci melalui Bandara Adi Soemarmo, pada pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Pj Gubernur minta jamaah haji asal Sumsel fokus tunaikan ibadah
Baca juga: Gubernur Sumbar buka opsi hujan buatan antisipasi abu vulkanik
Baca juga: Kemenag ingatkan jamaah haji tidak selundupkan air zamzam

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024