Palembang (ANTARA) -
Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni meminta jamaah calon haji (JCH) asal daerah itu untuk fokus dalam menunaikan ibadah agar menjadi haji yang mabrur.

"Jamaah harus fokus menunaikan haji dan beribadah dan jangan khawatir terkait soal apapun seperti makanan karena pemerintah sudah menyiapkan makanan selera Nusantara dan ada juga menu yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan jamaah," kata Agus Fatoni saat melepas jamaah kloter pertama di Palembang, Minggu.
 
Menurutnya banyak sekali jamaah yang hendak menunaikan ibadah haji, namun masih belum bisa berangkat. Oleh karena itu manfaatkan waktu selama 40 hari untuk beribadah dengan sebaik mungkin.
 
"Tetap jaga fisik dan kesehatan, jangan tergiur untuk berbelanja yang terlalu banyak, terutama soal makanan," ucapnya.
 
Ia juga menitipkan doa agar Sumsel semakin maju serta dijauhkan dari bala dan bencana, masyarakatnya sejahtera, aman, damai, dan sentosa.
 
Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil menyampaikan bahwa di asrama haji pun panitia menyiapkan makanan khusus lansia yang dapat dipesan.

Menurutnya jamaah haji dapat memesan menu makanan sendiri yang nanti akan disiapkan oleh petugas katering dengan catatan menginformasikan kepada panitia melalui ketua kloter paling lambat sehari sebelum masuk asrama haji.
 
Baca juga: Acara pelepasan JCH Embarkasi Batam dilaksanakan tiga kali
 
Sebelumnya ia menjelaskan, Embarkasi Palembang tahun ini akan memberangkatkan 8.506 jamaah haji dengan rincian 7.295 asal Sumatera Selatan, 1.116  asal Kepulauan Bangka Belitung, dan 95 petugas haji kloter. Mereka tergabung dalam 19 kelompok terbang (kloter).

Kloter pertama sampai sembilan berangkat di gelombang pertama, sedangkan kloter 10 sampai 19 berangkat di gelombang kedua.
 
Gelombang pertama diterbangkan dari Palembang menuju Madinah, sedangkan gelombang kedua diterbangkan dari Palembang menuju Jeddah.
 
Sementara itu sebanyak 450 jamaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Palembang diberangkatkan dari Bandara SMB II Palembang menuju Madinah Arab Saudi pada pukul 07:44 WIB.

Baca juga: Gubernur Sumbar buka opsi hujan buatan antisipasi abu vulkanik
Baca juga: Kemenag ingatkan jamaah haji tidak selundupkan air zamzam

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024