Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan mendapat penugasan khusus sebagai manajer kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di wilayah Indonesia (BBWI) 2024 untuk Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Minggu, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Kementerian Kesehatan Zulvia Dwi Kurnaini menyebut bahwa guna mendukung program tersebut, pihaknya memiliki sejumlah rencana kolaborasi, antara lain pelatihan bagi pelaku UMKM terkait turisme kesehatan, perizinan alat kesehatan dalam negeri, pengenalan merek.

Selain itu, potensi obat bahan alam, kosmetik dan pangan, jasa boga, penayangan produk pada sistem katalog elektronik dan lokapasar, serta kegiatan UMKM naik kelas.   

"Dengan kolaborasi dari berbagai pihak ini diharapkan akan meningkatkan potensi UMKM dan perekonomian masyarakat Kalimantan Tengah", ujarnya.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Prastowo mengatakan bahwa Kalteng Expo adalah upaya meningkatkan volume perdagangan dan kemitraan digitalisasi pemasaran, serta meningkatkan kecintaan terhadap produk buatan Indonesia.

"Pemerintah Kalteng terus mempromosikan budaya daerah kepada pihak luar Kalteng, sehingga menjadi penarik wisata masyarakat ke provinsi Kalteng terus meningkat," ujar Edy.

Adapun Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Sri Widanarni menjelaskan bahwa tahun 2023 Gerakan BBI dan BBWI Kalteng dan Pariwisata mendapat apresiasi peringkat 3 nasional.

"Kami berharap kolaborasi gerakan BBI dan BBWI dari Kemenkes dan banyak pihak tahun ini dapat mempercepat peningkatan perekonomian masyarakat Kalteng yang signifikan", ujar Sri.

Kegiatan Gerakan BBI dan BBWI Kalteng tahun ini diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kalimantan Tengah ke 67 tahun 2024, yang berisi berbagai kegiatan seperti Kalteng ekspo, festival budaya, dan berbagai macam kegiatan dari OPD Kalteng. Kemudian, nantinya akan dilakukan kegiatan harvesting pada Agustus 2024 untuk melihat hasil dari rangkaian kegiatan BBI BBWI yang dilakukan.

Baca juga: Kalteng Expo 2024 fasilitasi UMKM dan IKM sukseskan BBI dan BBWI
Baca juga: Menhub: Perlu kolaborasi dukung Gernas BBI dan beriwisata di Indonesia
Baca juga: BI promosikan tenun khas Sulteng lewat IFW sebagai kampanye Gernas BBI

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024