Jakarta (ANTARA) - Puluhan ribu wisatawan mengunjungi kawasan Tugu Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat saat libur Kenaikan Yesus Kristus dan cuti bersama sejak Kamis (9/5) hingga Sabtu (11/5). 

"Kami mencatat sebanyak 42.878 orang berwisata ke kawasan Tugu Monas," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Muhammad Isa Sanuri di Jakarta, Ahad.

Ia menyebutkan pengunjung yang berwisata ke kawasan Monas pada Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024 dan cuti bersama pekan ini tidak hanya dari wisatawan Nusantara.

Menurut dia, dari total 42.878 pengunjung, sebanyak 653 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

"Selama akhir pekan ini kami juga buka operasional Tugu Monas. Sehingga pengunjung bisa naik ke atas tugu atau masuk ke museum," katanya.

Baca juga: Monas dikunjungi 4.000 orang pada libur Kenaikan Yesus Kristus
Baca juga: Erick Thohir jajaki pengembangan bisnis gedung BUMN di sekitar Monas


Selama libur panjang ini, pihaknya tetap menerapkan jam operasional kawasan Monas pukul pukul 06.00-16.00 WIB.

Sedangkan operasional Tugu Monas dimulai sejak pukul 08.00-16.00 WIB dengan catatan loket dibuka hanya hingga pukul 15.00 WIB.

Selain itu, masyarakat yang ingin mengakses Tugu Monas akan dikenakan tarif sebesar Rp24 ribu untuk dewasa, mahasiswa atau pelajar Rp13 ribu dan anak-anak Rp6 ribu.

Sedangkan tarif masuk museum akan dikenakan Rp8 ribu bagi dewasa, Rp5 ribu mahasiswa atau pelajar dan Rp3 ribu harga tiket anak-anak.

"Dari jumlah total pengunjung kawasan, sebanyak 6.951 di antaranya mengakses Tugu Monas. Dari jumlah itu 252 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024