Ada 280 calon haji kita yang akan berangkat dan dari jumlah itu ada 5 orang yang sudah lansia dan perlu perhatian khusus. Bagi 275 orang lainnya agar membantu yang 5 orang tersebut
Mataram (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Mohammad Rum mengingatkan 280 calon haji  dari daerah itu untuk memberikan contoh tauladan yang baik bagi jamaah calon haji (JCH) lainnya ketika berada di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

"Ada 280 calon haji kita yang akan berangkat dan dari jumlah itu ada 5 orang yang sudah lansia dan perlu perhatian khusus. Bagi 275 orang lainnya agar membantu yang 5 orang tersebut. Insyaallah jika kita membantu saudara kita sesama Muslim, Allah akan lancarkan hajat kita di dunia maupun di akhirat," ujarnya Pj Wali Kota Bima Mohammad Rum saat melepas CJH Kota Bima yang tergabung di Kloter 8 dan Kloter 12 Embarkasi Lombok di Terminal Kumbe, Kelurahan Kumbe, Kota Bima, Minggu.

Baca juga: PBNU sebut praktik haji tanpa visa langgar tuntunan syariat Islam

Pelepasan CJH berlangsung di Terminal Kumbe, Kelurahan Kumbe, Kota Bima untuk menuju Asrama Haji di Kota Mataram. Turut hadir Ketua MUI Kota Bima, tokoh agama, Kepala Kementerian Agama Kota Bima.

Rum mengingatkan kepada seluruh jamaah yang akan berangkat agar memberikan contoh teladan yang baik bagi CJH lainnya dalam hal ini tingkah laku selama berada di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

"Saya berpesan kepada CJH agar dapat memberikan contoh yang baik dalam hal tingkah laku, contoh dalam penggunaan lift nantinya bagi jamaah yang masih muda-muda agar lebih mengalah, bila perlu gunakan tangga saja, apalagi ada 5 calon haji lansia yang perlu kita utamakan terlebih dahulu," ucapnya.

Baca juga: Bupati Bangka Barat ingatkan calon haji antisipasi cuaca

Selain kepada jamaah, ia juga mengingatkan kepada pendamping haji yang akan mendampingi CJH Kloter 8 dan 12 agar betul-betul fokus mengurusi dan menuntun jamaah, memberikan bimbingan adab perjalanan, dan harus tegaskan kepada para jamaah agar melaporkan diri atau izin terlebih dahulu kepada amir (pemimpin) rombongannya agar tidak tertinggal.

"Jadi tolong dijaga kesatuan, jangan sampai terpecah belah dan mengganggu jamaah calon haji yang lainnya," pesan Rum.

Ia berharap kepada CJH agar menjaga kesehatannya selama beribadah di Tanah Suci Makkah dan kembali ke Kota Bima sebagai haji yang mabrur.

"Harapan saya jamaah sebanyak 208 kembali juga dalam jumlah yang sama dalam kondisi sehat walafiat dan insyaallah menjadi haji yang mabrur," katanya.

Baca juga: Kanwil Kemenag Sumsel tingkatkan layanan kesehatan JCH Kloter 2

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024