Jakarta (ANTARA) - Klub asal Hamburg, St Pauli, berhasil promosi ke strata tertinggi sepak bola Jerman setelah absen 13 tahun berkat kemenangan 3-1 atas tamunya Osnabrueck pada Minggu.

Kemenangan St Pauli didapat berkat dwigol dari Dapo Afolayan dan satu gol dari pemain tersuburnya, Marcel Hartel. Ini merupakan pertama kalinya St Pauli kembali ke divisi teratas sejak terdegradasi pada 2011.

St Pauli promosi bersama tim asal Utara lainnya, Holstein Kiel. Holstein Kiel mengamankan tiket promosi untuk pertama kalinya setelah bermain imbang melawan tim peringkat ketiga Fortuna Duesseldorf pada Sabtu (11/5).

“Ini tidak dapat dijelaskan. Kami mampu memberikan sesuatu kepada para penggemar untuk dukungan luar biasa mereka,” kata pelatih Fabien Huerzeler seperti dikutip dari AFP.

“Ini sangat melegakan dan menjadi mahkota kejayaan pada musim kami,” tambahnya.


Baca juga: Schalke promosi lagi ke Bundesliga setelah balik kalahkan St Pauli
  Mantan penyerang Bolton dan West Ham United Afolayan membawa St Pauli memimpin saat laga baru berlangsung tujuh menit, dan ia menggandakan keunggulan timnya pada awal babak kedua dengan penyelesaian mudah ke tiang jauh

Sundulan Hartel berbuah gol ketiga saat laga tinggal menyisakan 22 menit. Itu merupakan gol ke-17nya musim ini.

Pemain Osnabrueck Lars Kehl mencetak gol hiburan melalui eksekusi penalti menjelang laga usai, tetapi pesta perayaan dimulai tidak lama kemudian di samping Stadion Millerntor.

St Pauli yang populer dengan bendera tengkorak dan tulang khas bajak laut serta kedekatannya dengan gerakan politik sayap kiri, memiliki reputasi internasional yang lebih luas dibanding prestasi olahraganya.

Keberhasilan promosi ini meneruskan kebangkitan mengejutkan St Pauli di bawah asuhan pelatih Huerzeler yang baru berusia 31 tahun.

Huerzeler mengambil alih tim sebelum Natal 2022, saat itu St Pauli berada di ambang degradasi. Ia dengan cepat mendongkrak mereka naik di klasemen untuk menutup musim dengan menduduki posisi keempat.

Ia hampir membawa St Pauli promosi pada musim lalu, tetapi berhasil melaksanakannya pada kesempatan kedua.

St Pauli menghuni peringkat pertama dengan satu pertandingan tersisa, dan akan menjadi juara divisi kedua apapun hasil pertandingan tim peringkat kedua Holstein Kiel pada akhir pekan mendatang.

Duesseldorf dipastikan finis di posisi ketiga, dan akan memainkan pertandingan playoff dua leg melawan tim peringkat ketiga terbawah di divisi teratas. Saat ini posisi tersebut dihuni oleh Union Berlin.

Promosinya St Pauli semakin terasa manis oleh para penggemarnya, sebab rival sekota, Hamburg SV, kembali gagal promosi ke strata teratas.

Hamburg terdegradasi untuk pertama kalinya pada musim 2017/2018, dan sejak itu selalu gagal promosi ke divisi pertama. Klub tersebut saat ini berada di posisi keempat, mereka telah empat kali finis di posisi keempat dan dua kali finis di posisi ketiga, serta selalu kalah dalam pertandingan playoff promosi/degradasi.

Baca juga: Union Berlin terlempar ke zona merah, RB Leipzig ditahan imbang Bremen

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024