Pada libur panjang akhir pekan dari 9 hingga 12 Mei kemarin memang ada kenaikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sleman, ada sekitar 15 persen dibanding hari biasa
Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan, kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di wilayah itu mengalami kenaikan selama libur panjang akhir pekan (long weekend) dari 9 hingga 12 Mei 2024.

"Pada libur panjang akhir pekan dari 9 hingga 12 Mei kemarin memang ada kenaikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sleman, ada sekitar 15 persen dibanding hari biasa," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Kus Endarto di Sleman, Senin.

Menurut dia, pada libur panjang akhir pekan ini pihaknya tidak menargetkan jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Sleman, dan hanya menargetkan kunjungan wisatawan selama satu tahun.

"Target kunjungan wisatawan pada 2024 sebanyak 7,5 juta pergerakan wisatawan. Untuk total target 2024 ini kami optimistis dapat tercapai," katanya.

Ia mengatakan, dari target 2024 tersebut, hingga akhir April tercatat kunjungan wisatawan ke Sleman sudah mencapai 1,994 juta wisatawan lebih.

"Berdasarkan angka tersebut kami optimistis target kunjungan wisatawan selama 2024 dapat tercapai," katanya.

Kus Endarto mengatakan, kunjungan wisatawan ke Sleman didominasi di destinasi wisata alam seperti kawasan Kaliurang, volcano tour lereng Gunung Merapi di Cangkringan maupun Taman Tebing Breksi di Prambanan.

"Selain itu destinasi wisata candi, seperti Candi Prambanan juga menjadi destinasi favorit wisatawan," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan, sektor pariwisata merupakan lokomotif pembangunan perekonomian daerah di Sleman.

"Hal ini karena sektor pariwisata begitu dinamis dan dapat mengakomodir berbagai bidang pembangunan, sepertinya kebudayaan, pertanian, industri kreatif, kuliner, fashion, transportasi dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, pada 2023 sektor pariwisata mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Sleman yang cukup besar, yaitu sebesar Rp353,45 miliar atau 31,28 persen dari total PAD.

.Baca juga: Sleman gelar seni budaya di Kaliurang tingkatkan kunjungan wisatawan
Baca juga: Sleman dikunjungi 1,2 juta wisatawan pada triwulan pertama 2024
Baca juga: Dispar: Saka Pariwisata berkontribusi pada pengembangan kepariwisataan

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024