Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI menyatakan sebanyak 4.500 calon haji telah tiba di Tanah Suci pada hari ini.

"Berdasarkan laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada pukul 21.00 waktu Arab Sudi atau 01.00 WIB, jamaah yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 4.500 orang," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag RI Akhmad Fauzin dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Baca juga: KKHI siapkan 62 ton obat untuk jamaah calon haji Indonesia
 
Akhmad menjelaskan jamaah calon haji yang sudah tiba di Arab Saudi merupakan gabungan dari jamaah yang terbagi dalam 11 kelompok terbang (kloter).
 
Selain itu, sambungnya, seluruh jamaah telah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.
 
Seluruh calon haji yang telah tiba, kata Akhmad, merupakan bagian dari 554 kloter jamaah calon haji Indonesia tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi.
 
"Tahun ini, Indonesia mendapatkan 241.000 kuota haji, yang terdiri atas 213.320 jamaah reguler dan 27.680 jamaah haji khusus," ujarnya.
 
Secara keseluruhan, kata Ahmad, keberangkatan jamaah calon haji pada tahun ini ke Arab Saudi akan dibagi ke dalam dua gelombang.
 
Pemberangkatan gelombang pertama, kata dia, berlangsung pada 11 Mei 2024 sampai 23 Mei 2024. Sedangkan pemberangkatan gelombang kedua, akan dilaksanakan pada 24 Mei 2024 hingga 10 Juni 2024.

Baca juga: Keberangkatan kloter pertama jamaah haji Indonesia

Baca juga: Jamaah Indonesia Kloter pertama akan tiba di jalur Fast Track
 
Ahmad menyampaikan kepada seluruh jamaah calon haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.
 
Ia mengimbau kepada seluruh jamaah calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024