Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menyiapkan fasilitas badal haji bagi jamaah calon haji yang tidak bisa menyelesaikan ibadahnya hingga akhir.
 
"Pemerintah Indonesia menyiapkan program badal haji di setiap penyelenggaraan haji. Program ini menjadi bagian dari layanan yang disiapkan bagi jamaah yang memenuhi kriteria," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag RI Akhmad Fauzin dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.
 
Akhmad memaparkan kriteria jamaah calon haji yang boleh untuk dibadalkan hajinya, di antaranya adalah jamaah calon haji yang meninggal di asrama embarkasi, atau embarkasi antara, saat dalam perjalanan keberangkatan ke Arab Saudi atau di Arab Saudi sebelum wukuf di Arafah.
 
Selanjutnya, kata dia, jamaah calon haji yang sakit dan tidak dapat melakukan safari wukuf, serta jamaah calon haji yang mengalami gangguan jiwa.

"Pelaksanaan badal haji melalui sejumlah tahapan. Pertama, pendataan jamaah wafat sampai dengan tanggal 9 Dzulhijjah pukul 11.00 waktu Arab Saudi," ujarnya.  
Akhmad melanjutkan, tahapan selanjutnya adalah penyiapan petugas badal haji di Kantor Daerah Kerja Mekah, lalu pemberangkatan petugas badal haji ke Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah pukul 11.00 Waktu Arab Saudi.

Kemudian, sambungnya, petugas badal haji melaksanakan wukuf dan melanjutkan rangkaian ibadah haji yang bersifat rukun dan wajib, sampai dengan seluruh rangkaian ibadah haji selesai, dan diakhiri dengan bercukur atau tahalul.
 
"Kelima, petugas badal haji menandatangani surat selesai melaksanakan tugas badal haji," ungkapnya.
 
Setelah seluruh tahapan selesai, kata Akhmad, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menerbitkan sertifikat badal haji, untuk diserahkan kepada pembimbing ibadah, lalu kemudian diserahkan kepada pihak keluarga.
 
"Pelaksanaan badal haji tidak dipungut biaya atau gratis," tegasnya.
 
Untuk itu, Akhmad mengimbau kepada para jamaah calon haji maupun keluarga untuk tidak melakukan transaksi apapun terkait badal haji dengan pihak yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Jamaah disuguhi makanan khas Indonesia selama di tanah suci
Baca juga: Embarkasi Solo sudah berangkatkan 10 kloter jamaah ke tanah suci
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024