Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono menegaskan pentingnya peran pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas guna mempersiapkan Jakarta menjadi kota bisnis berskala global.
 
Hal tersebut sebagaimana sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) bahwa SDM unggul diperlukan untuk mempersiapkan Jakarta sebagai kota bisnis berskala global dan Indonesia Emas 2045.
 
"Tanpa SDM yang unggul, maka kita tidak bisa mencapai apa yang dicita-citakan dalam UU Nomor 2 Tahun 2024, yaitu menjadikan Jakarta sebagai kota bisnis yang berskala global. Kemudian mempersiapkan sarana dan prasarana serta anggaran yang efektif, efisien, dan ekonomis," kata Joko di Jakarta, Selasa.
 
Dalam seminar internasional bertema "Jakarta: Kota Global Menuju Indonesia Emas" yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Joko ingin sekolah di Jakarta dapat membina peserta didik agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.
 
Seperti menjalankan kurikulum pendidikan yang disesuaikan untuk dunia kerja dan menjalin hubungan baik dengan perusahaan calon dunia kerja.

Baca juga: DKI berikan pelatihan teknik digitalisasi kepada pelaku UMKM
Baca juga: DKI dorong pelaku UMKM naik kelas menyongsong Jakarta kota global
 
Joko menyebutkan, terdapat tiga hal penting dalam membangun Jakarta sebagai kota global yang memprioritaskan peningkatan kualitas hidup warga.
 
Pertama, menjadikan kota layak huni yang mencakup aspek perumahan hingga kesehatan warga. Kedua, memperhatikan aspek lingkungan yang mencakup pengolahan sampah, sanitasi, dan air limbah.
 
"Ketiga, melengkapi aspek aksesibilitas yang mencakup pembangunan transportasi umum dan jalan," kata Joko.
 
Joko mengatakan, seminar ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang akan bermuara pada terciptanya SDM yang berkualitas.
 
Seminar ini menghadirkan narasumber dari dalam dan luar negeri untuk memberikan kontribusi yang sangat berharga untuk mentransformasikan layanan pendidikan, khususnya di Jakarta, agar setara dengan kota-kota maju di dunia.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024