Jakarta (ANTARA News) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan pada 2014 mengoperasikan lima ruas tol baru sepanjang 48 kilometer, sedangkan total transaksi di seluruh gerbang tol milik BUMN tol ini selama 2013 diperkirakan 1,25 miliar kendaraan dan membukukan pendapatan Rp5,68 triliun.

Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman semalam menyebutkan lima ruas tol baru itu adalah JORR W2 Utara Ruas Kebon Jeruk-Ulujami (7,07 km), Bogor Ring Road Ruas Kedunghalang-Kedungbadak (2 km), Semarang-Solo Ruas Ungaran-Bawen (12,3 km), Gempol-Pandaan (12 km), dan Gempol-Pasuruan Ruas Gempol-Rembang (13,9 km).

Tahun ini Jasa Marga telah menyelesaikan pembangunan dua ruas tol baru sepanjang 18,23 km yaitu Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 km yang sudah dioperasikan sejak 23 September 2012, serta JORR W2 Utara Ruas Kebon Jeruk-Ciledug sepanjang 5,53 km yang saat ini sedang uji kelaikan operasi.

"Untuk JORR W2 Utara ruas Kebon Jeruk-Cileduk sepanjang 5,53 km diharapkan bisa diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum, setelah semua persyaratan mulai dari kelaikan rambu dan teknis jalan sudah lolos uji dari pihak terkait," katanya.

Ia juga menegaskan, secara keseluruhan JORR W2 Utara diharapkan tuntasn pada 2014, tepatnya pertengahan Juni setelah Seksi IV Ciledug - Ulujami sepanjang 2,07 km selesai dibangun.

Jika JORR W2 Utara sudah dioperasikan, maka lima ruas tol yang sudah beroperasi, yaitu Jakarta-Cikampek, Jagorawi, Jakarta-Serpong, Jakarta-Cikampek dan Tol Soediyatmo (Bandara), akan saling terhubung.

"Dengan beroperasinya JORR W2 Utara ini juga diperkirakan akan mengurangi kepadatan Tol Dalam Kota Jakarta sekitar 30 persen karena kendaraan dari arah Bekasi dan Bogor yang akan menuju Bandara atau Tangerang dan sebaliknya, tak perlu lagi melintas di Tol Dalam Kota Jakarta," katanya.

Kemudian, Bogor Ring Road yang akan beroperasi sampai dengan Kedungbadak pada 2014, diperkirakan akan mengurangi kepadatan kendaraan dari arah Yasmin menuju Jakarta melalui Jagorawi.

Sedangkan, Tol Semarang-Solo Ruas Ungaran-Bawen dapat mengurangi kepadatan di jalan arteri yang saat ini sudah semakin meningkat dan mempersingkat waktu tempuh Bawen - Semarang menjadi tidak lebih dari 30 menit.

"Sementara itu, Ruas Gempol-Pasuruan seksi I dan Gempol-Pandaan dibangun untuk menghubungkan tiga wilayah yakni Surabaya, Banyuwangi dan Malang," kata Adityawarman.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013