Kami melihat pertumbuhan positif dalam nilai transaksi kripto di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Chief Executive Officer (CEO) Indodax Oscar Darmawan menyatakan bahwa pihaknya melihat pertumbuhan positif dalam nilai transaksi kripto di Indonesia.

"Kami melihat pertumbuhan positif dalam nilai transaksi kripto di Indonesia. Minat yang terus berkembang terhadap aset kripto di Indonesia mendorong kami (Indodax) untuk tetap berkomitmen dalam memajukan ekosistem kripto di tanah air,” kata dia dalam keterangan resmi, Jakarta, Selasa.

Menurut Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), jumlah investor kripto mencapai 19,75 juta orang atau mengalami kenaikan sebesar 2,97 persen dibandingkan Februari 2024. Begitu pula dengan lonjakan nilai transaksi kripto di Indonesia yang mencapai 207,5 persen pada Maret 2024.

Oscar mengatakan tren positif yang sama juga ditunjukkan oleh pihaknya karena terjadi peningkatan jumlah member menjadi 6,5 juta, sehingga memberikan dampak terhadap volume perdagangan di Indodax lebih dari dua kali lipat pada Maret 2024. Hal ini menandakan minat publik yang tumbuh terhadap kripto sebagai salah satu instrumen investasi.

“Kenaikan transaksi kripto mencerminkan potensi pasar kripto di Indonesia dan menunjukkan bahwa aset kripto semakin diterima sebagai alternatif investasi yang menjanjikan. Untuk memfasilitasi peningkatan ini, pengawasan yang tepat dan edukasi yang benar diperlukan untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan industri kripto,” ujarnya pula.

Menurut dia, salah satu faktor utama yang mendorong lonjakan ini adalah kenaikan harga Bitcoin diikuti kenaikan koin-koin lainnya. Dengan peningkatan harga Bitcoin hingga di atas Rp1 miliar, investor dan trader cenderung melakukan transaksi lebih aktif yang menyebabkan peningkatan signifikan dalam volume perdagangan.

Dukungan dari regulator terhadap industri kripto turut dinilai mempengaruhi perkembangan dan peningkatan aset kripto di Indonesia.

Pada sisi lain, Indodax disebut terus melakukan edukasi ke masyarakat lewat melalui Indodax Academy dengan bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat tentang investasi kripto dan teknologi blockchain.

"Kami memberikan pelatihan, webinar, dan materi edukasi yang dibuat untuk membantu individu memahami potensi dan risiko investasi kripto. Kami percaya bahwa dengan memberikan akses ke pengetahuan dan informasi yang tepat, kami dapat membantu masyarakat mengambil keputusan investasi yang lebih bijak,” ujar CEO Indodax.

Selain itu, ujarnya lagi, Indodax juga berkolaborasi dengan Asosiasi Blockchain dan Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo—ABI) dalam program Bulan Literasi Kripto (BLK) pada Mei 2024.

"Melalui kolaborasi dan partisipasi kami dalam BLK 2024, kami berkomitmen untuk menyediakan sumber daya dan dukungan guna memastikan kesuksesan program ini dan berkontribusi pada pertumbuhan industri kripto yang inklusif di Indonesia." ujar Oscar pula.
Baca juga: Indodax kuasai pangsa pasar terbesar industri kripto RI 
Baca juga: Indodax: Asia Tenggara berpotensi jadi 'key leader' industri kripto

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024