Kami mengajak multiple stakeholders seperti entrepreneur, investor, regulator, inovator, dan MSMe (Micro, Small and Medium Enterprises) Finance Leader, untuk berkolaborasi bersama memajukan ekonomi masyarakat di piramida terbawah
Jakarta (ANTARA) - PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha mendorong pertumbuhan inklusif ekonomi akar rumput (grassroot) atau kelompok kelas bawah melalui strategi kolaboratif.

Hal itu diwujudkan lewat gelaran The 2024 Asia Grassroots Forum, di mana Amartha mengajak berbagai pemangku kepentingan untuk mempromosikan potensi ekonomi akar rumput di Indonesia secara lebih masif.

“Kami mengajak multiple stakeholders seperti entrepreneur, investor, regulator, inovator, dan MSMe (Micro, Small and Medium Enterprises) Finance Leader, untuk berkolaborasi bersama memajukan ekonomi masyarakat di piramida terbawah,” kata Founder & CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendorong usaha mikro naik kelas adalah melalui digitalisasi UMKM dan memperluas akses keuangan inklusif di pedesaan.

Guna mewujudkan hal itu, Amartha melalui The 2024 Asia Grassroots Forum turut melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti Women’s World Banking, SME Finance Forum, Accion, dan International Finance Corporation (IFC).

“Amartha sebelumnya juga telah menjalin kemitraan strategis dengan berbagai organisasi internasional dan regional yang kredibel dalam upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi inklusif,” tutur Andi.

Andi berharap forum The 2024 Asia Grassroots Forum dapat menjadi katalisator dalam menyediakan platform kolaborasi bagi para pemangku kepentingan terhadap segmen akar rumput melalui agenda scaling impact, digitalisasi UMKM, dan mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif.

“Kami percaya, bahwa mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dapat terealisasi jika dilakukan dengan berbagai upaya kolektif. Kami berharap forum ini akan menggerakkan banyak pihak untuk menjadikan segmen akar rumput sebagai garda depan ekonomi Indonesia,” ujar dia.

The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha akan dilaksanakan pada 21 dan 22 Mei 2024. Masyarakat dapat mengikuti rangkaian acara secara virtual melalui akun resmi YouTube Amartha.

Baca juga: Amartha bangun bank sampah untuk tingkatkan ekonomi para ibu
Baca juga: Amartha dan Nobu Bank sepakat beri permodalan UMKM Rp100 miliar

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024