Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet), mendukung Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang akan berlaga di kancah internasional.

Dalam laman IMI yang dipantau di Jakarta, Selasa, Bamsoet mendukung penuh kiprah Toyota GR yang akan mengirimkan para atlet balap kebanggaan Indonesia, guna mengikuti sejumlah kejuaraan balap bergengsi di berbagai negara di dunia.

"Misalnya pada event bergengsi Score Baja 500 pada 29 Mei sampai 2 Juni 2024 di Mexico, dengan mengirimkan pembalap TB Adhi. Score Baja 500 merupakan event rally legendaris yang berlangsung di Benua Amerika," kata dia.

Bamsoet membeberkan, tim tersebut juga mengirimkan atletnya untuk mengikuti Adia Cross Country Rally pada 11-17 Agustus 2024 di Thailand.

Tidak sampai di situ, lanjut dia, pada Juni hingga Agustus 2024, tim balap itu kembali mengirimkan para pembalapnya ke kejuaraan balap internasional GT World Challenge Asia (Japan Cup) dengan sejumlah jadwal berurutan.

Baca juga: Bamsoet sebut Sirkuit Off Road Ujung Kulon bisa dongkrak sport tourism

Rincian jadwalnya, yaitu 8-9 Juni 2024 di Sportsland Sugo, 22-23 Juni di Fuji Internasional Speedway. Lalu, pada 6-7 Juli di Suzuka Circuit dan 24-23 Agustus 2024 di Okayama International Circuit.

Lebih lanjut Bamsoet membeberkan, selain mengikuti kejuaraan internasional, di sepanjang Maret hingga November 2024, TGRI juga akan mengikutsertakan para atletnya di berbagai kejuaraan nasional.

Antara lain di Touring National Championship, Slalom National Championship, Sprint Rally National Championship, dan Rally National Championship.

"Di sepanjang tahun lalu, berbagai prestasi berhasil ditorehkan para atlet TGRI, di antaranya Haridarma Manoppo yang meraih Juara 2 Podium Overall of GT 4 Class GTWC Asia dan Juara 1 Nasional ITCR Mac Class ISSOM, TB Adhi yang meraih P2 Overall AXCR, dan Anjasara Wahyu yang meraih Juara 1 Nasional Team Tandem Slalom," ujar pria yang juga Ketua MPR RI itu.

Ia menambahkan, kehadiran TGRI sejalan dengan upaya Toyota untuk berpartisipasi aktif, guna mendukung upaya IMI dalam mempopulerkan dan mengembangkan olahraga bermotor (motorsport) di Indonesia.

Saat ini Indonesia sudah memiliki banyak sirkuit balap, sehingga dengan dukungan brand pabrikan itu akan menambah pembangunan berbagai sirkuit di berbagai daerah.

Baca juga: IMI kolaborasi dengan IOF untuk helat ajang off-road di Kebumen

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024