Jakarta (ANTARA News) - Tiket kereta api ke berbagai daerah di Pulau Jawa telah terjual habis pada Jumat, beberapa hari menjelang libur hari raya Natal dan tahun baru.

Di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, tiket kereta api kelas ekonomi dan bisnis untuk tujuan Solo hingga keberangkatan tanggal 4 Januari mendatang sudah habis terjual.

"Yang paling cepat habis terjual itu kereta yang ke arah Solo. Hingga tanggal 4 Januari mendatang tiket sudah habis terjual, khusus untuk bisnis dan ekonomi," kata Kepala Stasiun Pasar Senen Dwi Sulistiono kepada ANTARA News, Jumat.

Selain Solo, ia menjelaskan, kebanyakan pengguna kereta membeli tiket kereta api tujuan Malang dan Surabaya.

Di Stasiun Gambir, Jakarta, tiket kereta api ke berbagai tujuan di Pulau Jawa sampai keberangkatan akhir bulan ini juga sudah habis terjual.

Menurut Kepala Stasiun Gambir Edy Kuswoyo, tiket kereta api tujuan Yogyakarta dan Solo paling banyak dibeli calon penumpang menjelang liburan Natal dan tahun baru ini.

"Mayoritas yang naik kereta api itu ke Yogyakarta dan Solo. Kereta yang ke sana juga banyak," katanya saat ditemui di Stasiun Gambir.


Jumlah Penumpang


Dwi memperkirakan jumlah penumpang kereta di Stasiun Senen mencapai 14 ribu sampai 15 ribu per hari menjelang liburan Natal dan tahun baru.

"Hari ini masih belum full ya, sudah mencapai 14 ribu orang. Kemarin mencapai 13.800 orang," katanya.

Menurut dia, 23 unit kereta api setiap hari dioperasikan selama 18 Desember 2013 sampai 5 Januari 2014 untuk melayani para calon penumpang yang menggunakan fasilitas Stasiun Senen, yang melayani pengguna kereta api ekonomi dan bisnis.

"Kalau biasanya 20 unit, kali ini ada tambahan tiga unit kereta api, Bengawan tambahan, Matarmaja tambahan dan Kertajaya tambahan," ujarnya.

Sementara Edy mengatakan, 26 unit kereta api setiap hari dioperasikan untuk melayani calon penumpang yang menggunakan Stasiun Gambir, yang melayani pengguna kereta api kelas eksekutif.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013