Ambon (ANTARA) - Panglima Daerah Militer (Pangdam) XV Pattimura mengajak generasi muda di daerah itu untuk meneladani semangat dan patriotisme pahlawan Kapitan Pattimura.

“Saya mengajak generasi muda Maluku untuk meneladani dan melanjutkan semangat juang Pahlawan Kapitan Pattimura. Melalui semangat juang dan kebersamaannya pula mari kita sama-sama memajukan bumi raja-raja yang sangat kita cintai ini,” kata Pangdam XV Pattimura Mayjen TNI Syafrial di Ambon, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, usai menghadiri upacara peringatan HUT ke-207 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura, di Pattimura Park, Kota Ambon.

Menurut Pangdam dengan meneladani semangat juang pahlawan Kapitan Pattimura generasi muda Maluku dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air serta optimisme untuk membangun Maluku melalui hal positif.

Apalagi di era teknologi saat ini yang menuntut para pemuda untuk terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman namun tak melupakan sejarah dan jasa para pahlawan.

Baca juga: Pemprov Maluku wujudkan SDM unggul memperingati Hari Pattimura Ke-207

“Perayaan Hari Pattimura ke-207 merupakan momentum untuk menggelorakan kembali spirit nasionalisme para Pattimura-Pattimura Muda dalam membangun negeri ini,” katanya.

Oleh sebab itu kata dia di tengah realitas perubahan zaman ini, dibutuhkan komitmen yang kuat untuk terus berjuang dan tidak menyerah seperti Pattimura yang tangguh berjuang pantang menyerah demi kemajuan bangsa dan tanah air.

“Mari kita terus melangkah, bersinergi dan berkolaborasi lintas sektor, lintas profesi, lintas agama, dan budaya demi mewujudkan Maluku yang maju dan Indonesia emas yang kita cita-citakan bersama,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam XV/Pattimura Brigjen TNI Nefra Firdaus, Irdam XV/Pattimura Brigjen TNI Muhammad Ali, Kapoksahli Pangdam XV/Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho R Da Silva. Wakil Ketua Persit KCK Daerah XV/Pattimura Ny. Fenny Nefra Firdaus beserta pengurus.

Baca juga: Pemkab Maluku Tengah gelar kegiatan sosial sambut Hari Pattimura

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024