Jakarta (ANTARA) - Tingkat hunian hotel jaringan PT Hotel Indonesia Group (HIG) mengalami peningkatan pada libur panjang kenaikan Yesus Kristus Tahun 2024.

Direktur Operasi & Portofolio Bisnis HIN M Ariadevi Hermaini mengatakan pihaknya bersyukur bahwa libur panjang Kenaikan Yesus Kristus ini memberikan dampak positif pada peningkatan okupansi di hotel jaringan HIG.

"Peningkatan okupansi ini didorong oleh kenaikan jumlah kunjungan wisatawan, beragam promo menarik, service improvement serta fasilitas yang tersedia di masing-masing unit hotel sehingga mampu menarik wisatawan untuk menghabiskan momen libur panjang di hotel jaringan HIG," ujar Aria di Jakarta, Rabu.

Sebagai salah satu perusahaan terkemuka di industri perhotelan, PT Hotel Indonesia Group (HIG) sebagai anak perusahaan PT Hotel Indonesia Natour atau InJourney Hospitality, yang saat ini mengelola 40 properti yang tersebar di seluruh Indonesia, mengalami peningkatan tingkat hunian kamar selama periode Libur panjang kenaikan Yesus Kristus Tahun 2024.

HIG mencatat terdapat pertumbuhan jumlah tingkat hunian pada Libur panjang kenaikan Yesus Kristus Tahun 2024. Hal tersebut sejalan dengan data PHRI yang mengungkapkan peningkatan jumlah okupansi hotel meningkat sekitar 5-10 persen di beberapa Daerah Wisata.

Hotel jaringan HIG region Bali menjadi leading untuk tingkat hunian selama Libur panjang kenaikan Yesus Kristus Tahun 2024. Tingkat hunian tertinggi adalah Inna Sindhu Beach sebesar 95 persen selanjutnya yaitu Truntum Kuta dan Merusaka Nusa Dua. Hotel jaringan HIG region Bali menunjukkan pertumbuhan tingkat hunian sebesar 5 persen selama periode libur panjang kenaikan Yesus Kristus Tahun 2024 dibandingkan tahun 2023.

Tingkat hunian tertinggi selanjutnya yaitu region Jawa, dimana tingkat hunian tertinggi yaitu The Manohara Yogyakarta Hotel dengan tingkat hunian sebesar 86 persen, selanjutnya yaitu Khas Malioboro dan Khas Tugu Yogyakarta. Yogyakarta memiliki keanekaragaman wisata sehingga menjadi destinasi pilihan masyarakat yang menghabiskan momen libur panjang. Hotel-hotel region Jawa menunjukkan pertumbuhan tingkat hunian sebesar 5 persen selama periode 09-12 Mei 2024 dibandingkan tahun 2023.

Peningkatan tingkat hunian juga dirasakan oleh Hotel jaringan HIG Region Sumatera dimana tingkat hunian tertinggi yaitu Truntum Padang dan Khas Parapat. Hotel region Nusa Tenggara juga mengalami peningkatan tingkat hunian signifikan dengan leading Merumatta Senggigi Lombok yang mengalami pertumbuhan tingkat hunian sebesar 28 persen dibandingkan libur panjang kenaikan Yesus Kristus Tahun 2023.

Hal serupa juga terjadi di region Kalimantan dan Sulawesi dengan tingkat hunian tertinggi yaitu Yulia Hotel Gorontalo yang mengalami pertumbuhan tingkat hunian sebesar 22 persen selama periode 9-12 Mei 2024 dibandingkan Tahun 2023.

Libur panjang kenaikan Yesus Kristus Tahun 2024 menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia untuk menikmati libur panjang. Periode ini juga menjadi momen penting bagi industri perhotelan dimana mencatatkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat hunian kamar hotel. Hal tersebut tentunya menunjukkan minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menikmati destinasi wisata di Indonesia selama periode libur panjang.

Sementara itu, Direktur Utama HIG Rizal Kasim mengungkapkan di momen spesial libur panjang ini, pihaknya juga menghadirkan Program Promo Spesial "May Long Weekends Getaway" di seluruh hotel jaringan HIG yang tersebar di Indonesia dimana menawarkan spesial diskon hingga 25 persen yang berlaku selama periode menginap tanggal 08-12 Mei 2024 dan 22-26 Mei 2024 dan reservasi booking melalui website HIG hig.id dan unit hotel dengan kode promo MAYGETAWAY.

Baca juga: Hotel Indonesia Group catat kenaikan hunian 15 persen saat Lebaran
Baca juga: ITDC catat okupansi hotel libur Lebaran capai 80 persen
Baca juga: HIN mulai buka hunian sambut libur Lebaran di KEK Kesehatan Sanur

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024