Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat mengirimkan satu pleton personel gabungan Damkar dan Satpol PP untuk membantu pemulihan bencana di Kabupaten Tanah Datar.

"Pengiriman personel ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kota Padang kepada sanak saudara di kabupaten tetangga yang tertimpa bencana," kata Plh Wali Kota Padang, Andree Algamar di Padang, Rabu.

Ia mengatakan itu saat melepas personel yang akan dikirimkan di Rumah Dinas Wali Kota Padang.

Andree mengatakan personel yang dikirimkan akan melaksanakan operasi pembersihan di tempat-tempat umum yang terdampak bencana seperti pasar, sekolah-sekolah, rumah ibadah, dan fasilitas publik lainnya.

"Personel akan melakukan operasi selama dua hari di Tanah Datar. Kita berharap, dukungan bantuan ini bisa meringankan beban korban bencana," katanya.

Pada tim yang dikirimkan, ia berpesan agar menjaga komunikasi yang baik dengan pihak tuan rumah, dan berikan kinerja terbaik pada setiap kerja yang dilakukan.

"Sampaikan juga salam duka kita di Kota Padang kepada saudara yang terdampak bencana di sana," katanya.

Baca juga: Pemko Solok serahkan bantuan ke korban banjir bandang di Tanah Datar 

Banjir dan banjir bandang melanda tiga daerah di Sumbar pada Sabtu (11/5) malam mengakibatkan puluhan korban jiwa dan korban hilang.

Data terakhir Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB pada Selasa (14/5) per pukul 18.35 WIB, jumlah korban meninggal dunia tercatat 58 orang.

Sementara itu korban hilang yang masih dalam pencarian hingga saat ini bertambah dari 27 menjadi 35 orang. Selain itu, untuk keluarga terdampak berjumlah 1.543 KK dan 33 orang mengalami luka-luka.*

Baca juga: Bupati Solok serahkan bantuan ke korban banjir lahar dingin di Agam

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024