Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 13 media massa menerima penghargaan Kesetiakawanan Sosial karena turut berperan dalam membangun kesetiakawanan sosial nasional melalui pemberitaannya.

Media massa yang mendapat penghargaan tersebut yaitu RRI, Kantor Berita Antara, Metro Tv, TVone, MNC Group, Kompas, dan Harian Seputar Indonesia.

Selain itu, Rakyat Merdeka, Indopos, Jurnal Nasional, Harian Surya, Republika, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan Menko Kesra Agung Laksono didampingi Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2013 di Makassar, Sulsel, Sabtu.

Selain media massa, penghargaan kesetiakawanan sosial juga diberikan kepada karang taruna berprestasi, pekerja sosial masyarakat, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan, lembaga kesejahteraan sosial berprestasi dan lainnya.

Menko Kesra Agung Laksono mengatakan, kesetiakawanan sosial perlu diwariskan untuk generasi yang akan datang.

"Kalau dulu pendahulu kita mempertahankan kesetiakawanan sosial untuk melawan penjajah, sekarang kita untuk melawan musuh bersama yaitu kemiskinan dan kebodohan," ujarnya.

Sementara itu, pada puncak peringatan HKSN 2013 Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyerahkan Pataka Kesetiakawanan kepada Mensos yang kemudian diberikan kepada Gubernur Jambi Hasan Basri Agus selaku tuan rumah peringatan HKSN 2014.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan bantuan empat unit mobil penanggulangan bencana masing-masing untuk Kabupaten Pinrang, Tana Toraja, Pangkajene dan Bone.

Serta bantuan mobil lembaga konsultasi dan kesejahteraan keluarga untuk Kabupaten Enrekang, Takalar, Bantaeng, Bulukumba di Provinsi Sulawesi Selatan serta Kota Palu dan Poso Sulawesi Tengah.


Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013