Jakarta (ANTARA) - Enam petenis junior putra Indonesia berhasil mengamankan tempat di babak perempat final turnamen Detec International Junior Championship 2024 yang berlangsung di Jember, Jawa Timur, Rabu.

Unggulan teratas Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan dan Rafalentino Ali Da Costa mampu menyingkirkan petenis Thailand di babak 16 besar turnamen berlevel dunia Federasi Tenis Internasional ITF J30 tersebut.

Bertanding di lapangan tenis outdoor GOR PKPSO Kaliwates Jember, menurut catatan penyelenggara yang diterima di Jakarta, Rabu, Aldhito menang atas Kanthat Surarityotin 6-2, 6-2, sementara Falen unggul atas Thamma Kosiri 6-1, 6-0.

Pada perempat final, Kamis (16/5), Aldhito akan meladeni unggulan keenam Vishal Prakash dari India. Sementara, Falen terlibat duel senegara dengan unggulan kesembilan Joachim Mika Gunawan yang menang atas unggulan ketujuh asal Thailand Teetawat Tarachphongsri 4-6, 6-0 6-1.

Sementara itu, non-unggulan Raphael Rio Suryana masih terus melaju setelah M. Akmal Junaini mundur di perdelapan final pada posisi 4-5. Raphael akan menantang kompatriotnya, Ethan David Zapp, unggulan ke-13 di babak delapan besar.

Satu lagi wakil Merah Putih di perempat final adalah Jahfal Munakanahaya. Unggulan kelima itu akan diuji petenis Jepang yang lolos dari babak kualifikasi, Tomoki Fujiwara.

Di sektor putri, hanya empat petenis tuan rumah yang sukses melangkah ke babak delapan besar. Unggulan kedua, Cylova Zuleyka berjibaku dalam duel sesama wakil Indonesia menghadapi petenis kidal non unggulan, Lailatul Fajria.

Unggulan ketiga Anjali Kirana Junarto meladeni unggulan kelima asal Singapura Abriez Marie Rose Wong, dan unggulan keempat Shinar Zahra Shukayna Her Sunggoro bertemu Rio Higashi dari Thailand.

Aksi petenis yang berlaga pada seri pertama Detec International Junior Championship 2024 memukau masyarakat Jember. Permainan peserta yang berasal dari 17 negara tersebut mampu menghibur pecinta tenis di wilayah tapal kuda Jawa Timur itu.

"Sebagai penyelenggara turnamen, kami gembira melihat antusiasme penonton yang memadati lapangan tenis GOR PKPSO ini. Semoga bisa menjadi hiburan yang sehat bagi masyarakat Jember," ujar Direktur Turnamen Anshari Nursida.


Baca juga: Petenis junior dari 17 negara ikuti turnamen ITF J30 di Jember


 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024