Chip design itu membutuhkan ahli di bidang mikroelektronik. Oleh karena itu tadi Presiden minta LPDP untuk didorong memberikan beasiswa melakukan training for trainer
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melibatkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk memfasilitasi beasiswa pengembangan desain chip bagi kebutuhan ekosistem industri semikonduktor di Tanah Air.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, usai hadir di rapat internal bersama Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

"Chip design itu membutuhkan ahli di bidang mikroelektronik. Oleh karena itu tadi Presiden minta LPDP untuk didorong memberikan beasiswa melakukan training for trainer," kata Menko Airlangga Hartarto.

Baca juga: Pasar chip global diprediksi tumbuh hingga Rp9 kuadriliun pada 2024

Dikatakan Menko Airlangga, chip design menjadi komponen utama yang dibutuhkan dalam menciptakan semikonduktor di industri digital global.

Bahkan, menurut dia, hal itu menjadi salah satu topik aktual yang kini diangkat dalam diskusi Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organization for Economic Cooperation and Development/OECD), selain topik penting lainnya seputar critical minerals.

"Tadi kami laporkan kepada Presiden terkait semikonduktor. Ini penting karena dalam OECD salah satunya juga akan mengirim fact finding mission mengenai ekosistem semikonduktor di Indonesia di pertengahan tahun ini," kata Menko Airlangga.

Baca juga: Jerman, Jepang, Korsel batasi ekspor semikonduktor ke China

Menko Airlangga mengatakan salah satu negara anggota OECD yaitu Jerman, berinvestasi senilai 13 miliar dolar AS untuk ekosistem semikonduktor di negaranya.

Melihat peluang itu, Menko Airlangga dalam pertemuannya dengan seorang pejabat kementerian terkait di Jerman beberapa waktu lalu menyampaikan ketertarikan Indonesia ikut serta program akademi pengembangan chip di Negeri Panser itu.

"Sehingga mahasiswa Indonesia bisa ikut dalam sekolah chip akademi yang ada di mereka, kemudian juga bisa magang di perusahaan-perusahaan semikonduktor yang sedang mereka buat," kata Menko Airlangga.

Baca juga: Airlangga: Pendidikan mikroelektronik RI harus kuat demi ambil pasar

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024