Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengatakan cedera yang diderita pemain ganda putri Meilysa Trias Puspitasari telah mendapatkan penanganan dan perawatan agar bisa pulih kembali.

Ricky, dalam jumpa pers di PBSI Cipayung, Kamis, mengatakan bahwa cedera dialami oleh Trias saat menjalani latihan di pelatnas pada pekan lalu. Saat itu, Trias mendarat di posisi yang tidak tepat.

Hal itu pun membuat Trias bersama pasangannya, Rachel Allessya Rose, harus mundur dari turnamen Thailand Open 2024 pekan ini demi fokus pada perawatan cedera.

“Rachel/Trias kita tarik karena Trias mengalami cedera yang tidak memungkinkan untuk ikut (bertanding) di Thailand,” kata Ricky.

“Trias punya potensi luar biasa. Semangatnya tinggi dan masuk ke Tim Uber Indonesia kemarin. Kami minta penanganan yang cepat kepada tim dokter, pun dengan keputusan untuk ikut atau mundur dari Thailand, serta penanganan untuk Trias agar bisa aktivitas lagi,” ujar dia.

Baca juga: PBSI umumkan Ribka Sugiarto mundur dari pelatnas

Sementara itu, dokter PBSI Prof. Dr. dr. Nicolaas C. Budhiparama, PhD, SpOT(K), FICS, mengatakan Trias sudah melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Menurut hasil pemeriksaan dan MRI, cedera lututnya cukup berat, sehingga membutuhkan waktu rehabilitasi yang cukup lama.

“Proses penyembuhan setiap atlet tidak bisa disamakan, sehingga belum ketahuan sampai kapan waktu rehabilitasinya,” kata Prof. Nicolaas.

Menurut dia, cedera dapat menjadi momok yang besar bagi atlet, terlebih jika pengambilan keputusan untuk pemulihannya tidak tepat. Hal itu dapat mengancam proses penyembuhan dan kesempatan untuk kembali berada dalam performa terbaik.

“Maka dari itu, penanganan atlet sendiri, atlet juga harus berani cerita soal apa yang ia rasakan, sehingga dia bisa kembali dari cedera dan siap berkompetisi. Penting juga untuk selalu diberikan energi positif,” ujar Prof. Nicolaas.

Dengan mundurnya Meilysa/Rachel dan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dari rangkaian tur Asia Tenggara, Ricky mengatakan tim tengah berkoordinasi untuk sementara ini memasangkan Rachel dan Lanny, mengingat Trias yang menderita cedera dan Ribka yang keluar dari pelatnas.

Pasangan Rachel/Lanny pun ditargetkan untuk mengikuti turnamen BWF Super 100 Kaohsiung Masters 2024 di Taipei, Taiwan.

“Ini ada diskusi panjang untuk mengikutsertakan Rachel dan Lanny ke Taipei, dan pembahasan panjang untuk ke depannya seperti apa,” kata Ricky.

Baca juga: PBSI umumkan Kevin Sanjaya mundur dari pelatnas

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024