Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan ganda putri Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose mengaku bermain kurang sabar menjadi faktor utama kekalahan mereka di babak 32 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, China, Rabu.

Leo/Daniel harus kalah dari pasangan Korea Selatan Kim Young Hyuk/Wang Chan melalui rubber game ketat 21-13, 19-21, 21-23.

Bagi Leo/Daniel, ketidaksabaran itu membuat mereka pada akhirnya tidak mampu memanfaatkan momentum di momen-momen kritis.

“Tadi di gim pertama kami sudah bermain baik dan bisa menang. Sayang di gim kedua dan ketiga, kami tidak bisa memanfaatkan momentum yang ada. Setelah gim pertama menang, seharusnya di gim kedua harusnya bisa ambil,” kata Leo, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Di gim ketiga, juara bertahan Indonesia Masters itu pun sudah bisa mengejar. Namun, upaya mereka masih belum bisa membuahkan keberuntungan yang diperlukan.

“Ya harus mencoba lagi. Harus berlatih bagaimana agar tidak gampang mati sendiri. Kalau kami tidak gampang mati sendiri, siapa pun lawannya tentu juga akan goyang,” ujar Leo.

Baca juga: Ginting pertahankan dominasi demi maju ke 16 besar BAC 2024

Sementara itu, Meilysa/Rachel harus menelan kekalahan dari pasangan Hong Kong melalui rubber game 21-18, 14-21, 19-21.

Juara Orleans Masters 2024 itu mengatakan perubahan pola permainan lawan menjadikan mereka bermain terburu-buru dan kurang fokus dalam mengantisipasi serangan.

“Gim pertama kami bisa bermain nyaman hingga bisa menang. Sayangnya saat lawan mengubah pola di gim kedua, kami kurang siap dengan perubahan lawan. Kami jadi kurang fokus,” ungkap Rachel.

“Saat di gim pertama, lawan gampang mati. Nah saat gim kedua lawan berubah jadi susah dimatikan. Kami malah kurang sadar dan kurang sabar dalam bermain. Di gim ketiga kami tak hanya kurang sabar tetapi juga tidak taktis dalam bermain,” ujarnya menambahkan.

Dengan ini, maka Indonesia baru menempatkan tiga wakil di babak kedua BAC 2024. Sebelumnya, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menang atas pasangan Jepang Hiroki Midorikawa/Natsu Saito melalui rubber game 21-13, 14-21, 21-18 di babak 32 besar.

Lebih lanjut, dua tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie juga masing-masing meraih kemenangan di babak pertama hari ini.

Ginting menang straight game atas wakil India Kidambi Srikanth 21-14, 21-13, sementara Jonatan memenangkan laga atas Jewel Angelo Albo (Filipina) dengan skor 21-12, 21-12.

Baca juga: Lanny/Ribka dan Putri KW terhenti di babak pertama BAC 2024
Baca juga: Rinov/Pitha melangkah ke babak 16 besar BAC 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024