Dukungan dari pemerintah serta kesadaran masyarakat dalam menjadikan SDM unggul dapat mewujudkan visi Indonesia Emas 2045
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Rencana Besar Manajemen Talenta Nasional merupakan bentuk dukungan Presiden Joko Widodo terhadap talenta muda di tanah air.

Hal itu dikatakan Moeldoko saat menerima audiensi dari tim Indonesia yang berhasil meraih penghargaan di ajang Olimpiade Seni tingkat dunia atau World Championship of Performing Arts di gedung Bina Graha, Jakarta,

Baca juga: Generasi muda perlu adaptif dan inovatif wujudkan Indonesia Emas

"Melalui Peraturan Presiden (Perpres) tentang Grand Design atau Rencana Besar MTN, Pesiden ingin memastikan bahwa anak-anak muda hebat dan talenta unggul Indonesia akan diurus serta diperhatikan negara," kata Moeldoko di Jakarta, Kamis.

Dalam pertemuan itu, Moeldoko menyampaikan dukungannya terhadap para talenta muda Indonesia. Dukungan dari pemerintah serta kesadaran masyarakat dalam menjadikan SDM unggul dapat mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Lebih lanjut, Moeldoko merinci penyusunan rencana besar MTN melibatkan seluruh jajaran kementerian/lembaga terutama pada lima bidang yang menjadi fokus utama, yakni olahraga, seni dan budaya, riset dan teknologi, industri serta ASN.

Moeldoko menilai pemerintah hadir memberikan perhatian lebih terhadap talenta-talenta muda berbakat Indonesia, termasuk di bidang kesenian.

Baca juga: PTAR cetak talenta muda pertambangan lewat OlympiAR 2024

"Perlu wadah manajemen talenta, perpres juga sudah turun dan apa yang dimaksud manajemen talenta, negara berkewajiban memberi penguatan seperti di bidang science research, olahraga, serta seni budaya," kata Moeldoko.

Menurut dia, manajemen talenta tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan negara terhadap para SDM unggul, serta upaya perwujudan visi presiden tentang pembentukan SDM yang berdaya saing global.

Moeldoko menekankan pentingnya sosialisasi manajemen talenta ini, khususnya di industri musik Indonesia. Ia mencontohkan bagaimana industri musik di Korea Selatan yang dapat berdampak langsung terhadap ekonomi negara.

Mantan Panglima TNI itu berharap melalui manajemen talenta di bidang seni dan budaya, akan semakin banyak muncul sebuah karya yang dikagumi dan diakui dunia internasional.

Baca juga: Menpora sebut Al-Nassr incar talenta muda Indonesia

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024