BNI Amsterdam menjadi pendamping utama bagi diaspora, termasuk bagi para pengusaha diaspora yang ingin mengembangkan bisnisnya di luar negeri
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan pembiayaan bagi pengusaha diaspora di Amsterdam, Belanda melalui program Diaspora Loan.

Program tersebut merupakan salah satu komitmen BNI memperluas jangkauan bisnis yang terkait Indonesia di Eropa.

“BNI Amsterdam menjadi pendamping utama bagi diaspora, termasuk bagi para pengusaha diaspora yang ingin mengembangkan bisnisnya di luar negeri. Salah satu komitmennya adalah dengan aktif menyalurkan Diaspora Loan yang ke depannya akan terus ditingkatkan,” kata Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan debitur Diaspora Loan BNI di Belanda didominasi oleh usaha kuliner Indonesia, seperti Warung Padang Lapek Jo, Restoran Nona Manis, dan Restoran Lestari. Ketiga restoran tersebut menyajikan hidangan khas Indonesia di Belanda.

Selain memberikan pembiayaan, Diaspora Loan juga diintegrasikan dengan program Xpora. Langkah ini bertujuan untuk mempermudah restoran-restoran tersebut dalam mendapatkan bahan baku dan menu sampingan dari Indonesia.

Salah satu contohnya adalah integrasi dengan mitra Xpora Nesia Food, perusahaan importir berbagai bahan makanan dari Indonesia, termasuk produk dari debitur UMKM BNI.

Nesia Food telah menjadi pemasok gula aren, bumbu dapur, sayuran beku, hingga berbagai macam kerupuk untuk restoran-restoran debitur BNI.

Mucharom menambahkan BNI membuka peluang bagi para diaspora yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya di Belanda dengan beberapa persyaratan, yaitu memiliki badan hukum, laporan keuangan yang baik selama tiga tahun terakhir, dan tidak terlibat dalam usaha ilegal di Indonesia maupun Belanda.

“Selain melayani diaspora, BNI Amsterdam juga aktif melayani berbagai transaksi perbankan dari perusahaan-perusahaan lokal Belanda dan cabang perusahaan BUMN di Eropa,” tutur dia.

Kehadiran BNI di Belanda merupakan wujud komitmen BNI dalam mendukung diaspora Indonesia dan memperkuat bisnis di Eropa.

BNI berharap dapat berkontribusi pada kemajuan ekonomi diaspora dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda.

Baca juga: Garuda Indonesia perkenalkan produk khusus diaspora di Malaysia
Baca juga: Menkominfo ajak diaspora jadi bagian transformasi digital nasional
Baca juga: Sandiaga ajak diaspora Indonesia di Melbourne dukung pariwisata RI


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024