Liverpool (ANTARA News) - Kapten Inggris Steven Gerrard menyebut rekan setimnya di Liverpool Luis Suarez sebagai pemain terbaik dunia berdasarkan penampilannya saat ini.

Dari 12 penampilannya di musim ini, penyerang Uruguay itu telah mencetak 19 gol untuk membaw Liverpool memuncaki klasemen Liga Utama Inggris. Koleksi itu enam kali lebih banyak daripada yang ditorehkan rival terdekatnya, penyerang Argentina dan Manchester City Sergio Aguero.

Ketajaman Suarez membuat ia mendapat kontrak baru berdurasi panjang di Anfield, di mana ia telah melalui beberapa masa-masa sulit setelah beberapa insiden kontroversial termasuk satu kejadian musim lalu ketika ia menggigit tangan pemain bertahan Chelsea Branislav Ivanovic.

"Berdasarkan penampilannya saat ini, ia merupakan pemain terbaik di dunia," kata Gerrard mengenai Suarez.

"Lionel Messi absen karena cedera dan Cristiano Ronaldo mendapat sedikit cedera belakangan ini," kata kapten Liverpool itu kepada televisi Sky Sport, mengacu pada pemain nomor satu di Barcelona dan Real Madrid itu.

"Ia (Suarez) tentu saja merupakan penyerang terbaik di luar sana. Ia membuktikannya dengan rasio menit per golnya."

Insiden Ivanovic menghasilkan skors 10 pertandingan di level domestik yang berarti penyerang Liverpool itu sempat absen pada awal musim.

Pada musim ini, Suarez (27) menjadi pemain pertama Liverpool yang mencetak setidaknya dua gol dari lima pertandingan kandang secara beruntun.

Ia berada di jalur yang tepat untuk melewati rekor Liga Utama Inggris yakni 34 gol, yang ditorehkan dua penyerang Inggris Andy Cole dan Alan Shearer.

Cole mencatatkan rekor itu saat masih memperkuat Newcastle United pada 1993/1994. Sedangkan Shearer melakukannya bersama Blackburn Rovers pada 1994/1995.

"Ia tentu saja akan mendekatinya," kata pelatih Liverpool Brendan Rodgers setelah Suarez menyarangkan dua gol saat timnya menang 3-1 atas Cardiff City pada Sabtu. "Ia terlihat mampu membukukan trigol pada setiap pertandingan."

Liverpool mendatangi markas Manchester City, yang tertinggal satu angka di belakang para pemuncak klasemen di peringkat ketiga, pada Kamis, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013