"Selamat sukses dalam menjalankan amanah demokrasi. Jadilah pelayan demokrasi yang memberi kebahagiaan bagi masyarakat dengan menjaga netralitas dalam setiap langkah perbuatan,"
Simpang Empat,- (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menekankan netralitas 55 orang panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 11 kecamatan usai dilantik pada Kamis (16/5).
 
"Selamat sukses dalam menjalankan amanah demokrasi. Jadilah pelayan demokrasi yang memberi kebahagiaan bagi masyarakat dengan menjaga netralitas dalam setiap langkah perbuatan," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Pasaman Barat Hafizul Pahmi di Simpang Empat, Sabtu.
 
Ia mengharapkan anggota PPK yang baru dilantik ini bisa menjalankan segala tahapan pilkada dengan sebaik-baiknya sesuai regulasi yang telah ditetapkan.
 
Ia mengatakan tugas PPK selanjutnya membentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) setiap nagari.
 
Setelah itu masuk tahapan pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, logistik, pungut hitung pada 27 November 2024 dan masuk rekapitulasi suara.
 
"Saat ini tahapan Pilkada hanya tinggal tujuh bulan dan waktu tersebut sangat sempit, sehingga tidak ada waktu untuk bersantai," katanya.
 
Diharapkan UUD pilkada dan regulasi yang ada jadi pedoman dalam menjalankan tugas penyelenggaraan Pilkada. Lalu berpedoman pada kode etik dan perilaku.
 
"Kita ingin pilkada dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman. Dukungan semua pihak sangat diharapkan," ujarnya.
 
Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengatakan dengan telah dilantiknya PPK maka pertanda baik pelaksanaan pilkada berjalan dengan aman dan lancar.
 
"Berbagai tahapan telah kita lalui. Kita berharap penyelenggara pemilu nantinya dapat menjaga netralitas dalam bertugas," ajaknya. 
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024