Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam menyebutkan jamaah calon haji (JCH) yang masuk dalam kategori lansia mendapatkan pelayanan prioritas dengan duduk di kursi kelas bisnis pesawat Saudi Airlines.

Ketua PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Mahbub Daryanto, di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu, mengatakan hal itu dilakukan mengingat kapasitas pesawat yang cukup besar, serta memberikan kemudahan bagi calon haji lansia di dalam perjalanan.

"Jadi calon haji yang lansia ini kita dudukkan di kelas bisnis. Kelas bisnis ini diperuntukkan bagi lansia agar mereka nyaman selama perjalanan," kata Mahbub.

Baca juga: Sebanyak 450 calon haji Kloter Tiga Riau tiba di Batam 

Ia menyampaikan bahwa selain memberikan tempat khusus untuk lansia saat di pesawat, PPIH juga memprioritaskan dalam pemberian konsumsi untuk para lansia.

Menurut dia, makanan yang diberikan kepada lansia dengan tekstur yang lembut.

"Dari sisi makannya yang tak bisa makan keras kita kasih lembut. Terus juga disiagakan pendorong kursi roda," ujar dia.

Baca juga: PPIH Embarkasi Batam terima bantuan tambahan lima unit kursi roda

Selain itu, pada musim haji tahun ini, PPIH Embarkasi Batam juga menerima bantuan berupa 25 kursi roda dari Pemprov Kepri untuk mempermudah layanan bagi calon haji lansia.

"Saya minta kursi roda 20 unit, diberi 25 kursi roda. Alhamdulillah, dapat tambahan lima unit kursi roda," ujar Mahbub.

Secara keseluruhan, pada pelaksanaan haji 2024, PPIH Embarkasi Batam melayani sebanyak 28 kloter, meliputi jamaah calon haji asal Provinsi Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat, dan Jambi.

Baca juga: JCH Embarkasi Batam lebih dulu tiba di Madinah 

"Dengan gelombang satu tujuan Madinah pada tanggal 12-22 Mei dan gelombang dua tujuan Makkah mulai tanggal 24 Mei-10 Juni," katanya.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024