Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah(Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengerahkan sebanyak 549 personel untuk mengamankan jalannya kejuaraan dunia sepeda gunung Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI-MTB) Eliminator World Cup 2024 yang digelar di Kota Palangka Raya, pada Minggu 19 Mei 2024.

Kabid Humas Kombes Pol Erlan Munaji, Minggu, mengatakan bahwa saat ini pihaknya menerjunkan 549 personel untuk memberikan pengamanan terhadap jalannya kejuaraan dunia UCI MTB yang diikuti oleh 42 negara tersebut.

"Kemarin kita sudah melaksanakan apel pengecekan personel di Mapolda Kalteng, kita menerjunkan personel sesuai dengan surat perintah yang dikeluarkan dan diteken langsung oleh Kapolda," katanya.

Erlan membeberkan, dari 549 anggota yang terlibat pengamanan kejuaraan dunia sepeda gunung ini, merupakan gabungan dari personel Polda dan Polresta Palangka Raya serta dari instansi terkait, seperti TNI 100 personel, Satpol PP 35 personel dan Dinas Perhubungan sebanyak 82 personel.

"Jadi mereka ini nantinya akan diterjunkan ke sejumlah titik di dekat lokasi kegiatan dengan tujuan agar gelaran tersebut dapat berjalan lancar dan aman tanpa ada hambatan apapun," katanya.

Ia menjelaskan, selain menerjunkan personel pengamanan, pihaknya juga menyiapkan personel pengawalan atlet dan official dari hotel sampai ke tempat kejuaraan yaitu di Komplek Olahraga Jalan Tjilik Riwut Km 5 Palangka Raya.

"Pada intinya, kami siap untuk melakukan pengamanan kejuaraan ini. Apalagi ini event dunia dan menjadi atensi dari Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang juga selaku ketua Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI)," ungkapnya.

Erlan juga menambahkan, kondusifitas Kota Palangka Raya sampai saat ini aman dan tidak ada gangguan Kamtibmas yang menonjol.

"Harapannya Kamtibmas dapat tetap terjaga, sehingga jalannya kejuaraan UCI MTB tahun ini bisa berjalan aman dan lancar," demikian Erlan.
Baca juga: Polda Kalteng dan Panitia UCI MTB 2024 lakukan penilaian risiko
Baca juga: Polda Kalteng kerahkan tim cari 10 korban tugboat terbakar di Barito


 


 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024