Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerima laporan pesawat jatuh di di Kawasan Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD), Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada Minggu, adalah pesawat jenis Cessna 2006, yang membawa tiga orang.

Keterangan itu diperoleh dari laporan pesawat jatuh yang diterima oleh Ditjen Perhubungan Udara pada pukul 14.30 WIB.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah menerima laporan terkait Pesawat Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia) yang jatuh di daerah BSD Tangerang," kata Juru Bicara Kementeekan Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya diterima di Jakarta, Minggu.

Pesawat Cessna 2006 itu, kata dia, membawa tiga orang yang terdiri atas, yakni satu penerbang, satu teknisi (engineer) dan satu penumpang.
 
"Saat ini masih dalam proses evakuasi di lokasi," katanya.
 
Terkait penjelasan terperinci mengenai kecelakaan udara tersebut, kata dia, akan disampaikan lebih lanjut berkoordiasi dengan Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Inspektorat Penerbangan dari Ditjen Perhubungan Udara serta kepolisian setempat.
 
Sebelumnya, ditegaskan pula bahwa pesawat jatuh tersebut bukanlah dari sekolah penerbangan Curug, tetapi milik Perkumpulan Penerbang Indonesia.
 
Dari berbagai foto dan video yang tersebar di media sosial, pesawat berwarna putih dengan kode di badan tertulis PK-IFP itu hancur di tengah rerumputan.

Baca juga: Kemenhub koordinasi dengan KNTK-kepolisian soal pesawat jatuh di BSD
Baca juga: Tim SAR evakuasi pesawat ringan PK-IFP yang jatuh di BSD Tangsel
Baca juga: Pesawat latih jatuh di BSD, tiga orang meninggal dunia

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024