Indonesia optimistis total target perdagangan kedua negara pada 2024 sebesar 4 miliar dolar Selandia Baru atau 2,45 miliar dolar AS dapat tercapai
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan optimistis total target perdagangan Indonesia dan Selandia Baru mampu mencapai 2,45 miliar dolar AS pada 2024.

Hal ini disampaikan oleh Zulkifli dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Pembangunan dan Konstruksi, Menteri Informasi Pertanahan, Menteri untuk Veteran, Wakil Menteri Pertahanan dan Wakil Menteri Imigrasi Selandia Baru Chris Penk di Peru. Ia menyebutkan target ini dapat tercapai jika kedua negara menghapuskan hambatan perdagangan dan meningkatkan kerja sama ekonomi.

"Indonesia optimistis total target perdagangan kedua negara pada 2024 sebesar 4 miliar dolar Selandia Baru atau 2,45 miliar dolar AS dapat tercapai. Ini dapat dicapai jika kedua negara meningkatkan kerja sama ekonomi," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Minggu.

Sebelumnya, nilai total perdagangan kedua negara pada 2023 mencapai 1,7 miliar dolar AS atau turun 18,8 persen dibandingkan 2022. Menurunnya nilai perdagangan pada 2023, salah satunya disebabkan fluktuasi harga komoditas dunia.

Dalam pertemuan tersebut, Zulkifli mendorong Selandia Baru untuk menutup (closure) Kasus Badan Penyelesaian Sengketa (Dispute Settlement Body/DSB) Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) DS 477 terkait importasi produk hortikultura, hewan, dan produk hewan.

Baca juga: Indonesia-Jepang bahas perkembangan Protokol Perubahan IJEPA

Baca juga: Mendag dorong APEC menavigasi ekonomi kawasan tumbuh inklusif


Pemerintah Indonesia telah melakukan penyesuaian peraturan sesuai dengan keputusan rekomendasi DSB WTO.

Kedua pihak juga membahas perkembangan isu regional yaitu ASEAN-Australia New Zealand Free Trade Area (AANZFTA) dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), Mega FTA yang sudah berlaku sejak 2 Januari 2023 di Indonesia.

Indonesia meminta Selandia Baru untuk mendukung penyelesaian rektifikasi sehingga Protocol ke-2 AANZFTA dapat segera diimplementasikan tahun ini.

"Selain itu, Selandia Baru juga mengharapkan Sekretariat RCEP dapat segera beroperasi penuh tahun ini. Kami juga meminta Selandia Baru turut berupaya agar prosedur aksesi RCEP dapat segera difinalisasi secepatnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan Indonesia juga mendorong kerja sama impor sapi hidup dengan Selandia Baru. Selandia Baru akan menindaklanjuti permintaan Indonesia untuk memenuhi ketentuan domestik Indonesia.

Total perdagangan Indonesia dan Selandia Baru pada periode Januari-Maret 2024 tercatat sebesar 409 juta dolar AS.

Pada periode ini, ekspor Indonesia ke Selandia Baru tercatat sebesar 153,3 juta dolar AS sedangkan impor Indonesia dari Selandia Baru sebesar 255,7 miliar dolar AS.

Ekspor utama Indonesia ke Selandia Baru, di antaranya bungkil (oilcake), aplikasi TV, tisu wajah dan toilet, batu bara, serta kayu. Sedangkan impor utama Indonesia dari Selandia Baru di antaranya susu
dengan gula, mentega, tepung, keju, serta kasein.

Baca juga: Mendag suarakan inklusifitas dalam ekosistem perdagangan pada APEC

Baca juga: Mendag cek kapal tanker tak penuhi syarat berlayar di sungai Musi

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024