Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan para pemimpin delegasi menjelang Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum Ke-10 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Senin.

Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Senin, Presiden Jokowi bersalaman dengan 13 pemimpin delegasi yang hadir satu per satu di lobi BICC. Selain itu, Presiden Jokowi dan masing-masing pemimpin delegasi juga berfoto bersama.

Secara berurutan, Presiden Jokowi menyambut Utusan Khusus Belanda Meike van Ginneken, Presiden World Water Council Loic Fauchon, Presiden Majelis Umum PBB Dennis Francis, Wakil PM Malaysia Dato Sri Haji Fadillah bin Haji Yusof, Utusan Khusus Persatuan Emirat Arab Suhail Mohamed Al Mazroui, dan Wakil PM Papua Nugini John Rosso.

Selepas itu, Presiden Jokowi menyambut Utusan Khusus Prancis Barbara Pompili, Utusan Khusus yang juga Presiden Hungaria 2012-2022 János Áder, PM Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere, Ketua DPR RI Puan Maharani yang juga Perwakilan Presiden International Parliamentary Union (IPU), serta Kepala Pemerintahan Maroko Aziz Akhannouch.

Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama para pemimpin delegasi berjalan kaki menuju Mangapura Hall untuk mengikuti Upacara Pembukaan KTT World Water Forum ke-10.

Sebelum dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi, dalam acara tersebut juga akan ada sambutan dari CEO SpaceX Elon Musk hingga penyerahan King Hasan II Great World Water Prize.

Usai upacara pembukaan, Presiden Jokowi dan para pemimpin delegasi akan berfoto bersama sebelum kemudian menghadiri High Level Meeting KTT World Water Forum ke-10.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan untuk mengadakan sejumlah pertemuan bilateral di sela-sela KTT.

Pada sore hari, Presiden Jokowi dan para pemimpin delegasi akan menuju Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai. Para pemimpin juga dijadwalkan meninjau pembibitan dan menyerahkan bibit mangrove kepada anak-anak.

Baca juga: Presiden paparkan empat inisiatif baru RI dalam World Water Forum

Baca juga: Elon Musk optimistis krisis ketersediaan air global dapat diatasi

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024