Jakarta (ANTARA) - Anak perusahaan Telkom Indonesia, TelkomMetra, bersama VIDA menandatangani kolaborasi dalam rangka menghadapi tantangan keamanan digital di Indonesia.

Inisiatif ini mengintegrasikan solusi Penerbitan Sertifikat Digital dan Tanda Tangan Digital VIDA ke dalam layanan TelkomMetra, yang bertujuan untuk mengamankan dan mempercepat transaksi digital di berbagai sektor.

Pendiri dan CEO Grup VIDA, Niki Luhur, mengatakan bahwa gabungan keahlian kedua perusahaan akan meningkatkan keamanan dan efisiensi layanan digital di Indonesia secara signifikan.

"Kemitraan ini adalah manifestasi dari dedikasi kami untuk memperkuat infrastruktur digital di negara ini," ujar Niki dalam keterangan pers yang diterima, Senin (20/5).​​​​​​​

Baca juga: Pahami keamanan digital agar nyaman berselancar di dunia maya

Niki mengatakan solusi yang dihasilkan akan membuat penggunaan tanda tangan digital dan sertifikat digital menjadi lebih mudah dan tepercaya, mendorong kepercayaan serta keamanan dalam dunia digital, serta untuk mendorong adopsi teknologi yang lebih luas di kalangan pengguna.

Sejalan dengan hal tersebut, Irphan Wijaya, Director of Business Digital Transformation TelkomMetra menambahkan bahwa kemitraan dengan VIDA bukan hanya sebuah kerja sama, melainkan lompatan strategis menuju menciptakan ekosistem digital yang lebih aman dan efisien untuk pelanggan.

“Kami berharap kemitraan ini menjadi titik awal untuk peluang baru dan inovasi yang lebih besar bagi kedua perusahaan,” katanya.​​​​​​​

Baca juga: Menkominfo: Implementasi keamanan siber hadirkan peluang

TelkomMetra, dikenal dengan inovasi dan kecakapan teknologinya, telah lama beroperasi sebagai pionir dalam solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pemerintah.

Kerja sama dengan VIDA merupakan langkah mereka untuk memperdalam komitmen dalam menyediakan pengalaman digital yang aman bagi para pelanggan.

Kolaborasi antara TelkomMetra dan VIDA menghadirkan 3 manfaat signifikan yang memperkaya pengalaman pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional kedua perusahaan antara lain kemudahan akses sertifikat digital dengan menyediakan kemudahan dan keamanan terhadap akses sertifikat sebagai identitas digital yang aman dan diakui, dengan memberikan proses verifikasi identitas secara digital.

Baca juga: APPI sebut tanda tangan elektronik bantu perkuat keamanan transaksi

Selain itu, keamanan dokumen digital yang menjamin keabsahan dan keamanan dalam menandatangani dokumen digital, melindungi integritas dokumen, data dan transaksi secara digital. 

Dan transaksi online yang aman dengan meningkatkan kepercayaan dalam melakukan transaksi online dengan memastikan keamanan, integritas serta identitas pengguna secara online.

Kolaborasi ini menandai babak baru dalam mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk digitalisasi. TelkomMetra Group, dengan semangat kolaborasi yang kuat, berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif ini, mengintegrasikan teknologi terkini untuk meningkatkan infrastruktur dan layanan digital yang aman.

Baca juga: Kenali ekosistem transaksi digital untuk lindungi data pribadi

Di sisi lain, VIDA menjadi bagian integral dalam proses digitalisasi pemerintah, memperkaya platform TelkomMetra dengan solusi tanda tangan digital yang andal, menawarkan keamanan dan kepercayaan yang diperlukan dalam transaksi digital.

Kemitraan ini tidak hanya memperkuat posisi kedua perusahaan sebagai pemimpin inovasi digital tetapi juga mendukung Indonesia dalam mencapai aspirasi digitalnya, menciptakan lingkungan yang lebih tepercaya dan inovatif untuk semua.

Baca juga: VIDA raih peringkat pertama global studi keamanan biometrik NIST 2023

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024