"Untuk mempelajari Indonesia maka belajarlah kepada Aceh pertama kali. Dan bila akan belajar tentang Aceh beserta sejarahnya, maka belajarlah pada Pidie untuk mengawalinya,"
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Bupati (Pj) Pidie Provinsi Aceh Wahyudi Adi Siswanto menegaskan belajar tentang Indonesia dapat dimulai dari Aceh.

"Untuk mempelajari Indonesia maka belajarlah kepada Aceh pertama kali. Dan bila akan belajar tentang Aceh beserta sejarahnya, maka belajarlah pada Pidie untuk mengawalinya," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Penegasan itu juga disampaikan Wahyudi dalam rapat kerja delapan pemerintah kabupaten/kota se Provinsi Aceh dengan Komisi II DPR RI, terkait penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang delapan Kabupaten dan Kota di Aceh.

Kedelapan daerah itu yakni Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie, Kab. Aceh Besar, Kab. Aceh Tengah, Kab. Aceh Timur, Kab. Aceh Timur, Kab Aceh Barat, Kab. Aceh Utara dan Kab. Aceh Selatan.

"Berbicara Aceh, bukan hanya kekayaan alamnya, melainkan kekayaan khasanah sejarahnya, yang memberikan sumbangsih bagi pembangunan karakter Bangsa Indonesia," jelasnya.

Menurut dia, pentingnya klausul nilai-nilai sejarah, bahwa kabupaten Pidie sudah ada sejak abad 14, dalam bentuk kerajaan Pedir. Pidie memiliki sumbangan dalam penyebaran agama Islam setelah menguasai kerajaan Samudra Pasai.

Pj Bupati Pidie menekankan perlunya poin, bahwa sumbangan karakter masyarakat Islam Aceh dalam membentuk karakter bangsa Indonesia.

Sejak menerima mandat sebagai penjabat Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto, sudah menggelorakan konsep Salam Pidie Mulia, yang digali dari nilai-nilai warisan sejarah panjang dan hebat.

"Aceh dan Pidie telah mewariskan banyak hal, baik tentang sejarah kehebatan masa lalu termasuk nilai budi pekerti serta akhlak luhur yang sangat dibutuhkan Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita luhur para pendiri. Warisan kemuliaan akhlak dan budi pekerti mesti semakin diperkuat," kata mantan Kabinda NTB itu.

Mengingat pentingnya arti sejarah itu, Pj Bupati Pidie telah membentuk tim, yang bertugas melakukan riset dan diskusi, untuk mendapatkan titik terang terkait Hari Ulang Tahun Kabupaten Pidie.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024