Sudah kami tinjau bersama, ini memiliki kemampuan untuk menjangkau masyarakat secara langsung, cepat, dan bisa memproduksi dokumen elektronik yang dibutuhkan masyarakat kita sesuai kebutuhan
Denpasar (ANTARA) - Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara langsung meluncurkan mobil keliling layanan elektronik untuk membantu masyarakat mengurus masalah pertanahan di Bali.

AHY di Denpasar, Selasa, bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, dan sang istri Annisa Pohan, meninjau langsung sembilan mobil keliling yang jumlahnya sesuai jumlah kabupaten/kota untuk memastikan cara kerjanya.

“Sudah kami tinjau bersama, ini memiliki kemampuan untuk menjangkau masyarakat secara langsung, cepat, dan bisa memproduksi dokumen elektronik yang dibutuhkan masyarakat kita sesuai kebutuhan,” kata AHY.

Menteri ATR/BPN mengakui Bali termasuk provinsi terbaik dalam urusan pertanahan, sampai saat ini 98 persen tanah telah terdaftar dan 85 persen sudah bersertifikat.

Baca juga: Menteri ATR: Mobil Layanan Elektronik percepat layanan pertanahan

Namun demikian, lanjutnya, mobil layanan elektronik ini tetap penting untuk mendorong percepatan pendataan seluruh bidang tanah, mengingat kementeriannya memiliki target 120 juta bidang disertifikasi hingga akhir 2024.

“Urgensinya layanan itu tidak pernah berhenti, kita tahu bidang tanah akan terus bertambah, misalnya saat ini kita daftar satu bidang tanah, pada saatnya nanti kita ingin membagi itu kepada anak kita dan dipecah, jadi selalu akan bertambah,” ujar AHY.

Selain itu,Menteri ATR/BPN itu meyakini semangat jajarannya di Pulau Dewata sangat tinggi, meski pencapaiannya selalu yang terdepan diantara provinsi lain, sehingga kehadirannya ini merupakan bentuk apresiasi atas inovasi mereka.

Baca juga: Menteri ATR terus integrasikan pengaturan administrasi tanah dan air

Dalam peluncuran mobil layanan elektronik itu AHY turut mengundang Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas sebab menurutnya penting adanya penilaian dari kementerian tersebut terkait sistem kerja Kementerian ATR/BPN. .

Diketahui selain peluncuran layanan mobil keliling yang bisa diakses masyarakat dengan mudah, kehadiran AHY di Bali juga untuk meluncurkan implementasi layanan elektronik di bidang pertanahan dan tata ruang se-Bali.

Selain itu untuk mendeklarasikan empat kabupaten sebagai kabupaten lengkap yaitu Bangli, Jembrana, Tabanan, dan Gianyar, menyusul Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Baca juga: Menteri ATR deklarasikan 4 kabupaten di Bali sebagai Kabupaten Lengkap

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024