... tidak masalah kalau ada anggota Muhammadiyah yang terjun ke politik... "
Purwokerto (ANTARA News) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan segera mengeluarkan maklumat terkait dengan sikap yang harus ditempuh warga Muhammadiyah dalam menghadapi Pemilihan Umum 2014.

"Kami akan mengeluarkan maklumat. Namun, isi maklumatnya tidak bisa saya jelaskan sekarang karena harus dibahas bersama-sama dengan para pengurus wilayah Muhammadiyah di seluruh Indonesia," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, di Purwokerto, Sabtu.

Din mengatakan hal itu kepada wartawan usai membuka acara National Olimpiad and International Conference for Education, Technology and Science 2013, di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa isi maklumat tersebut nantinya akan berpegang pada semangat kembali ke khitah, yakni semangat Muhammadiyah sebagai organisasi jamiah, bukan organisasi politik maupun organisasi sayap dari partai politik tertentu.

"Muhammadiyah tidak berafiliasi dengan partai politik mana pun," kata dia menegaskan.

Terkait dengan adanya anggota Muhammadiyah yang terjun ke dunia politik, Din mengatakan bahwa hal itu merupakan hak konstitusional sebagai warga negara, bukan sebagai warga Muhammadiyah.

"Jadi, tidak masalah kalau ada anggota Muhammadiyah yang terjun ke politik," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013