Ramallah, Palestina (ANTARA) - Seorang pejabat senior Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Penasehat Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan membahas perlunya menghentikan perang di Gaza antara Israel dengan kelompok perlawanan Palestina.

Hussein al-Sheikh, Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif PLO, memberikan pernyataan pada akun resmi X miliknya bahwa dirinya dan Sullivan membahas “perlunya segera menghentikan perang di Jalur Gaza dan memaksa Israel membuka semua penyeberangan untuk membawa makanan dan obat-obatan.”

Pembicaraan mereka juga membahas tentang "penghentian tindakan Israel di Tepi Barat, termasuk permukiman, penyerangan, penyerbuan dan penyitaan dana PA (Otoritas Palestina).
Baca juga: DPR AS sahkan RUU untuk tekan Biden kirim senjata ke Israel

Pekan lalu, media Israel melaporkan bahwa Kementerian Keuangan Israel memblokir pendapatan pajak yang terutang kepada PA untuk bulan ini, sehingga jumlahnya mencapai 46 juta dolar AS (sekitar Rp 735,7 miliar) hingga 54 juta dolar AS (sekitar Rp863,7 milar).

“Tidak ada alternatif selain solusi politik komprehensif yang mengakhiri pendudukan dan mengarah pada pembentukan negara Palestina di bawah legitimasi internasional,” tegas al-Sheikh.
Baca juga: Staf Yahudi pemerintahan Biden mundur, protes kebijakan AS untuk Gaza

Ketegangan semakin meningkat di seluruh Tepi Barat sejak Israel melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza, di mana lebih dari 35.500 orang tewas menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober tahun lalu.

Sedikitnya 505 warga Palestina di Tepi Barat telah terbunuh dan sekitar 5.000 lainnya terluka akibat tembakan senjata dari pasukan Israel di wilayah pendudukan, menurut Kementerian Kesehatan setempat.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Israel ancam balas Palestina jika ICC keluarkan surat penangkapan
Baca juga: Beijing: veto AS di DK PBB hancurkan impian rakyat Palestina

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024