Mereka di sini selama satu hari yang selanjutnya akan menuju Singapura
Medan (ANTARA) - Manajer Bisnis Terminal Pelindo Regional I Cabang Belawan Irfan Fitriadi mengatakan kapal pesiar Silver Cloud sandar di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, yang dapat meningkatkan sektor pariwisata di provinsi itu.

"Kedatangan kapal pesiar ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan sektor pariwisata di Sumatera Utara," ujar Irfan di Medan, Rabu.

Dia melanjutkan kedatangan turis lebih kurang 200 orang yang dibawa oleh kapal pesiar pada Selasa (21/5) malam tersebut juga dapat memberikan dampak positif pada ekonomi lokal termasuk sektor restoran, jasa transportasi, UMKM dan lainnya.

"Mereka di sini selama satu hari yang selanjutnya akan menuju Singapura," ucap Manajer Bisnis Terminal Pelindo Regional I Cabang Belawan tersebut.

Baca juga: Pelni: Pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 lancar

Baca juga: Pelni Medan: 17.887 penumpang turun di Belawan pada arus mudik Lebaran


Menurutnya, para turis tersebut melakukan kunjungan ke kawasan Bukit Lawang, Kabupaten Langkat dan Kota Medan untuk melihat bangunan tua di wilayah ini.

"Tadi ada delapan bus yang berangkat untuk berwisata, enam bus itu tadi ke Bukit Lawang dan dua bus ke bangunan Chong A Fie, Istana Maimun, Masjid Raya Al Mashun Medan dan lainnya," ucapnya.

Dia mengatakan sebelum kedatangan kapal pesiar tersebut, Pelabuhan Belawan sendiri telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan kapal pesiar, termasuk peningkatan fasilitas pelabuhan dan koordinasi dengan KSOP Belawan, imigrasi, karantina, dinas pariwisata dan pihak kepolisian Belawan untuk memastikan kelancaran kunjungan turis.

“Ini merupakan bagian dari komitmen PT Pelabuhan Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menjadikan pelabuhan di Indonesia sebagai tujuan utama kapal pesiar dunia," ucapnya.

Irfan menambahkan kedatangan kapal pesiar Silver Cloud yang bersandar di Pelabuhan Belawan ini merupakan yang pertama pada 2024 ini.

Baca juga: Kemenparekraf perkuat pengembangan wisata minat khusus kapal pesiar 

Baca juga: Kapal pesiar Azamara Onward bawa 511 turis ke Sabang jelang Idul Fitri


 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024