Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Roadshow Bus KPK yang akan mengunjungi puluhan kota dan kabupaten di Pulau Jawa dan Sumatera untuk menyebarkan pesan antikorupsi dengan mengusung tema "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi".

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan pelepasan Roadshow Bus KPK ini adalah bagian dari upaya pemberantasan korupsi dengan menanamkan budaya antikorupsi yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah guna menyentuh semua lini masyarakat.

"Harapan kami melalui kegiatan ini, mari kita tingkatkan kesadaran dan pemahaman antikorupsi yang dapat diimplementasikan dalam keseharian, termasuk bijak dalam memilih dan tidak menerima serangan fajar," kata Tanak di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu.

Dalam kegiatan itu, Tanak juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang akan disinggahi Roadshow Bus KPK dan turut serta dalam kegiatan edukasi antikorupsi kepada semua lapisan masyarakat.

"Kami sampaikan apresiasi kepada delapan pemerintah daerah yang telah berkolaborasi dalam program Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi pada tahun ini, semoga milestone ini bisa menjadi trigger untuk melakukan pemberantasan korupsi yang berkelanjutan," ujar Tanak.

Baca juga: Road show bus KPK  jelajah negeri Pekanbaru bangun antikorupsi 

Salah satu misi utama Roadshow Bus KPK 2024 ialah menyebarkan nilai antikorupsi, khususnya pada sektor politik, agar masyarakat tidak menerima dan menolak segala bentuk serangan fajar.

"KPK perlu menyosialisasikan dan mengampanyekan nilai-nilai antikorupsi kepada masyarakat, terutama menyambut Pilkada Serentak 2024 nanti," kata Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Wawan Wardiana.

Pilkada Serentak 2024 untuk memilih gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024.

Tahun 2024 ini, Bus KPK akan mengunjungi delapan kabupaten/kota dan empat provinsi di Pulau Jawa, yaitu Provinsi Jawa Timur meliputi Kabupaten Bangkalan, Bojonegoro, dan Kota Surabaya.

Baca juga: Road show Bus KPK berkeliling Kota Pekanbaru 

Kemudian, Provinsi Jawa Tengah meliputi Kabupaten Brebes, Wonosobo dan Kota Semarang. Provinsi Jawa Barat meliputi Kabupaten Cianjur, Bandung Barat dan Kota Bandung, serta Provinsi Banten meliputi Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Serang.

Roadshow Bus KPK 2024 akan berkolaborasi bersama pemerintah daerah dalam menghadirkan program dan berbagai kegiatan di setiap lokasi kegiatan, antara lain edukasi pelajar, sosialisasi bagi ASN, temu komunitas, kuliah umum, nonton bersama film antikorupsi, senam bersama antipolitik uang "Hajar Serangan Fajar", pameran UMKM dan layanan publik, juga executive briefing bersama Forkopimda.

"Program ini diharapkan dapat menjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah daerah, pemahaman serta kontribusi masyarakat agar terus membangun budaya antikorupsi, dan mewujudkan hak serta tanggung jawab masyarakat dalam penyelenggaraan masyarakat yang bersih dari tindak pidana korupsi," ujar Wawan.

Baca juga: Gubernur Sumbar lepas Roadshow Bus KPK ke Sumatera Utara
Baca juga: Direktur KPK: Pengunjung Roadshow Bus KPK di Sumut capai 27 ribu orang

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024