Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menjamin dan mendukung kelancaran kegiatan hulu migas di bawah naungan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel yang beroperasi di wilayah kabupaten setempat.

Hal itu diungkapkan Pj. Bupati Muba Sandi Fahlepi ketika menerima Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan bersama jajaran dan perusahaan KKKS, di Kantor Perwakilan Pemkab, di Palembang, Rabu.

Pejabat Pemkab Muba yang turut hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya Asisten II Setda Muba Andi Wijaya Busro, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Herryandi Sinulingga AP, Kadisnakertrans Mursalin, Kepala Dinas PU PR Alva Elan, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba Drs M Thabrani Rizki.

Pj. Bupati Muba Sandi menjelaskan pihaknya memiliki komitmen kuat dalam menjalin kerja sama yang lebih erat dengan SKK Migas dalam upaya memanfaatkan potensi sumber daya alam di Bumi Serasan Sekate ini, khususnya di sektor hulu minyak dan gas bumi.

Baca juga: Mensolusikan permanen penanganan sumur minyak ilegal

Baca juga: Pemkab Muba desak revisi Permen tentang pemanfaatan sumur minyak tua


"Saya berharap kegiatan SKK Migas bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga aktivitas itu dapat membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Muba," ujar Sandi.

Sementara Asisten II Setda Muba Andi Wijaya Busro meminta SKK Migas merelokasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kecamatan Tungkal Jaya yang melintasi jalur pipa Medco.

"Kami harap Medco bisa merelokasi TPA tersebut agar kegiatan masyarakat dan pengolahan sampah berjalan lancar dan pipa Medco bisa aman," kata Andi.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan yang memimpin audiensi tersebut mengatakan tujuan pihaknya menghadap Pj Bupati Muba untuk meminta dukungan terkait kegiatan sektor hulu minyak dan gas bumi yang dilaksanakan di wilayah kabupaten setempat.

"Ada beberapa kegiatan kami yang perlu dukungan dari Pemerintah Kabupaten Muba seperti pengeboran oleh Medco Energi, dan kegiatan seismik PT Pertamina," ungkapnya.

Program yang dilakukan SKK Migas itu dapat meningkatkan pendapatan Kabupaten Muba melalui dana bagi hasil migas, sehingga dapat mendukung program kabupaten setempat lebih maju, serta untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kami mengapresiasi dan terima kasih kepada Pj Bupati Muba beserta jajaran, yang sangat mendukung kegiatan kami. Semoga apa yang kami lakukan bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat kabupaten setempat," kata Mahendrawan.*

Baca juga: Muba bangun Pusat Pelatihan dan Sertifikasi Migas, serap pekerja lokal

Baca juga: Musi Banyuasin jamin rekrut tenaga kerja lokal untuk sektor migas

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024