Jalan yang akan diaspal oleh Pemkab Jember sepanjang 7,8 kilometer dengan lebar 3 meter
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur, mengaspal jalan menuju Pantai Bandealit untuk mendukung ekowisata di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).

"Jalan yang akan diaspal oleh Pemkab Jember sepanjang 7,8 kilometer dengan lebar 3 meter," kata Bupati Jember Hendy Siswanto saat menggelar tasyakuran sebagai tanda dimulainya pengaspalan jalan di Gapura TNMB di Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo  Kabupaten Jember, Rabu.

Pemkab Jember disebut telah memperoleh izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk mengaspal jalan masuk menuju perkampungan di Dusun Bandealit yang berada di kawasan hutan TNMB.

"Kalau sekarang dibangun jalan bukan untuk mempermudah pencuri kayu, justru dengan jalan yang bagus itu adalah tanggung jawab Bupati dan Wakil Bupati untuk memberikan kemerdekaan kepada warga di kawasan TN Meru Betiri," tuturnya.

Ia mengatakan warga yang berada di kawasan Meru Betiri itu juga harus merasakan jalan yang bagus karena dari dulu warga yang berada di daerah kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini hanya merasakan jalan yang penuh bebatuan.

Baca juga: Tiket KA di Daop Jember untuk libur panjang Waisak terjual 98 persen

Baca juga: Daop Jember tambah rangkaian kereta jelang libur panjang Waisak


"Kami membuat suatu program bahwa di sini akan menjadi kekuatan ecowisata kota dan kita mulai dari Meru Betiri dengan konsep kami mengajak anak-anak sekolah yang ada di Jember ini ke sana untuk belajar dan melihat hutan," katanya.

Hendy menjelaskan bahwa hutan di kawasan TNMB sangat istimewa dengan tegakan pohon yang cukup besar sehingga keberadaan kawasan hutan tersebut harus dioptimalkan.

"Selain fasilitas jalan, kami berencana menyalurkan listrik dan internet di Dusun Bandealit agar masyarakat bisa menikmati jaringan internet dan bisa beradaptasi dengan teknologi," ujarnya.

Pemkab Jember mengalokasikan anggaran sebesar Rp19,4 miliar melalui APBD 2024 sebagai estimasi kebutuhan proyek pengaspalan jalan di kawasan TN Meru Betiri tersebut.

Baca juga: Panen padi organik di Desa Darsono Jember capai 6 ton per hektare

Baca juga: Penumpang Susi Air rute Jember-Sumenep penuh saat libur Lebaran

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024