Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meniadakan pelayanan Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) selama dua hari, yaitu pada 23-24 Mei 2024, sehubungan dengan libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Waisak.

"Dalam rangka libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Waisak, pada tanggal 23-24 Mei 2024, pelayanan kantor bersama Samsat tutup," kata TMC Polda Metro Jaya di akun resminya yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Informasi yang sama menyebutkan bahwa Samsat yang berada di Jawa Barat dan Banten  wilayah hukum Polda Metro Jaya kembali dibuka pada 25 Mei 2024.

Sedangkan pelayanan Samsat di DKI Jakarta baru kembali melayani masyarakat pada 27 Mei mendatang.

Adapun pelayanan BPKB juga tutup pada Kamis-Jumat, 23-24 Mei 2024 dan dibuka kembali Sabtu, 25 Mei 2024.

Perlu diketahui, layanan di Gerai dan Samsat Keliling hanya untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan. Sedangkan untuk perpanjangan STNK dan ganti pelat nomor kendaraan harus datang langsung ke kantor Samsat.

Sementara syarat untuk perpanjangan atau membayar pajak kendaraan bermotor yaitu membawa beberapa dokumen yang diperlukan seperti KTP, BPKB dan STNK asli masing-masing disertai lampiran fotokopi.
Baca juga: Libur Waisak, layanan SIM Keliling hari ini ditiadakan
Baca juga: Libur Waisak, layanan SIM ditutup sementara

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024