Kami apresiasi Program WUB di Depok yang sudah dilaksanakan sejak 2022 dilanjutkan kembali 2024
Depok (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, atas Program Wirausaha Baru (WUB) yang memberdayakan masyarakat dalam bidang ekonomi.

"Kami apresiasi Program WUB di Depok yang sudah dilaksanakan sejak 2022 dilanjutkan kembali 2024, kami juga melihat dari peserta ada peningkatan omzet berkat hasil pelatihan dan pendampingan yang sudah dilakukan di Depok ini," kata Deputi Kewirausahaan KemenKopUKM Bastian dalam keterangannya di Depok, Kamis.

Pemkot Depok mempunyai Program Wirausaha Baru (WUB) dan Perempuan Pengusaha Unggulan yang bergulir sejak tahun 2022.

Menurut dia, wirausaha berperan dalam menggerakkan sendiri perekonomian nasional dengan berbagai aspek dan bidang usaha yang dijalankan.

Keberadaan UMKM dibutuhkan dalam memberdayakan dan memanfaatkan besarnya potensi yang dimiliki oleh Indonesia baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Baca juga: KemenKopUKM lakukan pendampingan untuk pelaku usaha mikro mandiri

Baca juga: USK siap bantu KemenKopUKM bangun pabrik nilam di Aceh


Bastian mengatakan kemampuan dan kapasitas pelaku UMKM perlu ditingkatkan agar usaha yang dijalankan semakin berkembang dan berdaya saing.

Serta motivasi usaha juga harus di upgrade agar tidak lagi bersifat hanya kebutuhan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Namun lebih baik kepada berusaha melihat adanya potensi dan peluang yang didorong oleh jiwa kewirausahaan yang kuat. Dengan kuatnya jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh pelaku wirausaha maka kemampuan dalam pengembangan usaha semakin meningkat," tambahnya.

Selain itu, produk yang dihasilkan semakin inovatif dan solutif serta adaptif dengan perubahan pasar dan teknologi yang begitu cepat.

"Dengan begitu, usaha semakin berkembang dan naik kelas, dari mikro ke kecil, kecil ke menengah, dan menengah menjadi usaha besar," demikian Bastian.

Baca juga: KemenKopUKM beri pelatihan perajin kulit Garut tingkatkan daya saing

Baca juga: KemenKopUKM fokus kembangkan "startup" pada empat sektor

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024