Jakarta (ANTARA News) - Polisi meminta para pengunjung "Jakarta Night Festival" (JNF) untuk tidak memarkir mobil dan sepeda motor mereka di badan-badan jalan guna menghindari kemacetan lalu lintas seusai acara penyambutan tahun baru 2014.

Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya dalam penjelasannya yang diperoleh Antara di Jakarta Selasa malam menyebutkan pengaturan lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman dan MH. Thamrin dimaksudkan untuk mengatasi kepadatan lalu lintas.

Terkait dengan pengaturan lalu lintas menyambut malam pergantian tahun ini, polisi telah menutup akses kendaraan dari Jembatan Semanggi menuju Jalan Sudirman, Jakarta, sejak Selasa pukul 16.10.

Petugas tampak menutup jalan dengan penghalang sehingga kendaraan harus jalan lurus ke arah Slipi atau berputar di Jalan Asia Afrika.

Penutupan jalan berpengaruh pada kemacetan lalu lintas di sepanjang Jalan Gatot Subroto menuju Grogol atau arah sebaliknya menuju Pancoran.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta memberlakukan "Car Free Night" pada malam tahun baru di sepanjang Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, hingga Harmoni, dan seputaran jalan di sekitar Monumen Nasional.

Petugas menutup jalan di kawasan Dukuh Atas sehingga Jalan Thamrin ke arah Monas hanya dilalui pejalan kaki sedangkan arah sebaliknya masih bisa dilalui berbagai jenis kendaraan.

Sementara Jalan Pasarminggu hingga Pancoran luruh ke Saharjo juga macet dengan kendaraan yang menuju pusat kota.

"Kami dari Depok ingin bermalam tahun baru di Monas," kata Affandi bersama keluarganya yang naik kendaraan minibus saat ditemui di lampu merah Pancoran.

Situasi di sepanjang Jalan Sudirman menuju Monas mulai lengang tetapi tidak demikian ke arah sebaliknya.

Para pedagang terompet juga sudah menjajakan barang dagangannya sambil meniup terompet menyambut tahun baru.

Begitu juga pedangan minuman ringan dan aneka makanan mulai menggelar barang dagangannya dengan gerobak dagangan.

"Mudah-mudahan laris manis," kata Rofiq pedagang minuman ringan di Jalan Thamrin.

(B009/R013)

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013