Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia Kota Jakarta Pusat menyiapkan 12 petugas dalam perayaan Jakarta Night Festival yang ditempatkan di sekitar Monumen Nasional hingga Bundaran Hotel Indonesia.

"Kami menerjunkan empat personil di tiga titik, yaitu samping Hotel Mandarin Oriental, samping Grand Indonesia, dan pintu Monas," kata salah satu petugas PMI Kota Jakarta Pusat Adi Septiawan di Bundaran HI, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan satu titik terdapat empat personil yang terdiri dari dua orang tenaga medis dan dua orang petugas ambulan. Selain itu menurut dia, satu titik ditempatkan satu ambulan sebagai antisipasi keluhan kesehatan dari masyarakat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta dalam menjalankan tugas," ujarnya.

Menurut Adi, PMI Kota Jakarta Pusat juga menyediakan obat-obatan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan masyarakat saat merayakan JNF. Dia mengatakan gangguan kesehatan itu biasanya pusing dan pingsan karena kehujanan serta kelelahan.

"Ambulan untuk keadaan darurat. Apabila ada masyarakat yang perlu penanganan khusus akan dibawa ke markas kami di daerah Pecenongan," ujarnya.

Dia mengatakan keberadaan personil PMI itu ditugaskan untuk memantau potensi terjadinya banjir di malam pergantian tahun. Adi menjelaskan akan melaporkan potensi itu ke kantor PMI Kota Jakarta Pusat untuk ditindak lanjuti.

"Kami juga ditugaskan untuk memantau potensi banjir dan melaporkan ke PMI Kota Jakarta Pusat," ujarnya.

Perayaan pergantian malam tahun baru, Jakarta Night Festival akan diisi oleh berbagai pertunjukan seni budaya dan hiburan. Pertunjukan tersebut akan ditampilkan di 12 lokasi panggung yang tersebar mulai Jalan Medan Merdeka Timur, MH Thamrin hingga Sudirman.

Acara JNF kali ini turut dimeriahkan oleh artis-artis ibukota antara lain Rhoma Irama, Band Radja dan lain-lain. Acara hiburan secara serentak dimulai pukul 20.00 hingga 01.30 WIB.

Lokasi 12 panggung hiburan JNF, antara lain di Balai Kota, Silang Barat Daya Monas, Bank Indonesia, Wisma Mandiri, Gedung Jaya, Jalan Sunda, EX Center, Hotel Pullman, Bundaran HI, Jalan Pamekasan, Gedung UOB dan Stasiun Dukuh Atas.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013