Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa politik telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Kamis (23/5). Berikut beberapa berita pilihan yang masih menarik dibaca pagi ini.
 
1. Vendor: Kementan berutang Rp1,6 miliar usai penuhi permintaan SYL

Salah satu vendor di Kementerian Pertanian (Kementan), PT Haka Cipta Loka dan Haka Loka mengungkapkan Kementan masih memiliki utang sebesar Rp1,6 miliar yang digunakan untuk memenuhi permintaan Menteri Pertanian periode 2019-2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL).
 
"Per hari ini itu sisanya sekitar Rp1,6 miliar lagi yang belum selesai kepada kami," ucap Direktur PT Haka Cipta Loka dan Haka Loka Hendra Putra saat menjadi saksi di sidang pemeriksaan kasus pemerasan dan gratifikasi lingkungan Kementan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu malam (22/5).
 
Selengkapnya baca di sini.

2. MPR kunjungi Parlemen Spanyol bicarakan upaya kemerdekaan Palestina

Delegasi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada Rabu (22/5), melakukan kunjungan ke Parlemen Spanyol dalam rangka memperkuat kerjasama bilateral antara Indonesia-Spanyol, serta membicarakan upaya kemerdekaan Palestina.
 
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid yang memimpin delegasi itu, mengatakan bahwa kedua pihak sepakat untuk terus mempromosikan ketertiban dan kedamaian dunia di atas nilai-nilai kemerdekaan, keadilan, dan hak asasi manusia.

Selengkapnya baca di sini.

3. TNI AL dan Angkatan Laut India patroli bersama di Selat Malaka

Prajurit TNI Angkatan Laut dari Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Komando Armada I dan prajurit Angkatan Laut India melakukan patroli bersama di perairan sepanjang perbatasan dua negara di Selat Malaka sejak pekan lalu sampai Kamis (23/5).
 
Dalam Patroli Terkoordinasi (Patkor) India-Indonesia (Indindo) Ke-42, TNI AL mengerahkan korvet Kelas Parchim-nya KRI Sultan Thaha Saifuddin-376 dari Satuan Kapal Eskorta Komando Armada I dan pesawat CN 235-220 MPA P-8305, sementara Angkatan Laut India mengerahkan korvet Kelas Kora, yaitu INS Kulis-P63 dan INS Chetlat-T70, serta satu kapal serbu cepatnya.
 
Selengkapnya baca di sini.

4. Sekjen Gerindra dorong Sudaryono maju di Pilgub Jateng

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mendorong agar Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Sudaryono untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024.
 
Menurutnya elektabilitas nama Sudaryono di berbagai lembaga survei sudah semakin meningkat. Dengan faktor tersebut, dia pun berharap Partai Gerindra secara resmi nantinya mengusung mantan ajudan pribadi Ketua Umum Partai Gerindra itu.
 
Selengkapnya baca di sini.

5. DKPP akan panggil Sekjen KPU di sidang lanjutan dugaan asusila Hasyim

DKPP akan memanggil Sekretaris Jenderal KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno dan beberapa jajaran pegawai dalam sidang etik dugaan asusila Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari terhadap penyelenggaraan pemilu luar negeri (PPLN) pada 6 Juni 2024.
 
Ketua DKPP Heddy Lugito mengatakan pemanggilan itu untuk meminta keterangan terkait penggunaan fasilitas jabatan oleh Hasyim.
 
Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024